Sukses

Diet Gagal karena Lapar, Ini Trik Mengakalinya

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang yang menjalankan diet merasa dietnya tersebut malah membuatnya makin banyak makan. Diet jadi membuat lapar dan ingin mengemil. Padahal, di luar sana ada diet yang membuat Anda merasa kenyang serta membantu menurunkan berat badan.

Sebelum melangkah ke diet lain, mungkin ini yang membuat diet Anda sebelumnya gagal seperti dilansir Cheatsheet, Selasa (12/12/2017):

1. Diet ketat

Sebagian besar orang gagal diet karena terlalu ketat dalam soal makanan. Diet yang membatasi asupan kurang dari 1.200 kalori per jam membuat Anda mengurangi atau bahkan menghilangkan sejumlah kelompok makanan.

Kebanyakan wanita perlu makan sekitar 1.500 kalori per hari, dan kebanyakan pria membutuhkan 2.000.

"Bersikap realistis dengan diri Anda tentang jenis program nutrisi yang tepat untuk Anda sebenarnya adalah salah satu kunci kesuksesan jangka panjang," kata ahli gizi dan ahli penurunan berat badan Jaime Mass, R.D.

2. Makanan jadi terkenal karena tidak memuaskan

Diet jus atau smoothie adalah cara yang salah. Kalau Anda tidak mematuhi pedoman, ada kemungkinan besar diet akan gagal. Namun, jika diet terlalu ketat atau tidak memuaskan, Anda cenderung berhenti di tengah jalan ketimbang jika Anda merasa kenyang.

"Makanan Fad" seperti diet Atkins, diet South Beach, dan banyak jus hampir terlalu ketat untuk dilakukan. Seperti diet rendah karbohidrat lainnya, tak minum air menyebabkan banyak penurunan berat badan pada awal diet Atkins. 

Jika diet menawarkan penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat, mungkin akan menjadi tidak memuaskan, dan pasti terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. 

"Orang perlu menyesuaikan diri dengan hal itu jika mereka melakukannya dengan benar, itu akan memakan waktu," kata Stella Volpe, R.D.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

1 dari 3 halaman

3. Diet terbaik gabungkan jenis makanan

Mengonsumsi protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks adalah kunci penurunan berat badan. 

Cobalah membatasi makanan, rencana ini akan mengatur diet Anda setiap hari atau mingguan untuk membantu Anda makan lebih sehat dan menurunkan berat badan. Diet terbaik menggabungkan protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan membantu Anda mengatasi asupan gula dan sodium Anda.

4. Masukkan makanan ini agar Anda tetap kenyang

Mencoba diet dengan banyak serat yang baik itu penting. Menurut Mayo Clinic, makanan berserat tinggi tidak hanya memberi volume tapi juga butuh waktu lebih lama untuk dicerna, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dengan kalori lebih sedikit.

Apel, pisang, kentang, dan sayuran hijau tua kaya akan serat yang baik, memberikan pilihan rendah kalori yang akan membuat Anda tetap kenyang. Untuk camilan cepat dengan serat tinggi, pilih popcorn dengan garam ringan.

5. Makanan yang dihindari

Diet Whole30 membantu Anda menjelajahi kelompok makanan apa yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan kebugaran Anda sambil membantu menurunkan berat badan. Ini menghilangkan kelompok makanan yang merangsang keinginan mengemil, yang membahayakan usus, yang merusak gigi selama 30 hari penuh agar tubuh Anda "sembuh dan pulih kembali" dari efek samping negatif yang mungkin ditimbulkan oleh makanan tersebut.

Makanan ini tak akan membuat Anda kelaparan. Ketika Anda mengurangi gula, makanan olahan saji, dan alkohol, Anda fokus pada makanan yang kaya protein seperti daging, ikan, telur, dan sayur-sayuran yang membuat Anda kenyang di antara makan besar.

2 dari 3 halaman

6. Diet yang mengakhiri ngidam, tak akan makan berlebihan

Diet akan membantu Anda belajar mencintai apa yang Anda makan. Pada akhirnya, Anda telah mengatur metabolisme Anda untuk sukses dan menghindari gula yang membuat nafsu makan dan pada akhirnya menyebabkan kesehatan memburuk, penambahan berat badan. 

"Tekan tombol reset untuk kesehatan, kebiasaan, dan hubungan Anda dengan makanan ... Pelajari bagaimana makanan yang Anda makan benar-benar mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda," tulis pencipta Whole30, Melissa Hartwig berjanji.

Melalui proses Whole30, Anda juga akan menyembuhkan saluran pencernaan Anda, menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, memperbaiki mood, membantu diri Anda tidur lebih nyenyak, dan tentu saja menurunkan berat badan.

7. Buku dan jurnal diet

Diet Whole30 memiliki pengguna yang makan makanan dengan porsi sedang dengan banyak lemak alami dan beberapa bahan. Namun, Anda akan menghindari penambahan gula, alkohol, dan susu, di antara kelompok makanan dan bahan olahan lainnya.

Aturan ini bisa sedikit membingungkan, jadi Hartwig menerbitkan The Whole30 Day By Day, panduan pendamping yang menuntun Anda melalui program langkah demi langkah.

Ini juga dilengkapi dengan jurnal untuk melacak apa yang Anda makan dan bagaimana perasaan Anda setelahnya. Ini membantu Anda mempersempit makanan apa yang bisa menyebabkan energi rendah, pola tidur acak, atau kenaikan berat badan yang tidak diantisipasi.

Artikel Selanjutnya
Intip 4 Menu Sarapan Anti Gemuk
Artikel Selanjutnya
Diet Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam Lumpuh Total