Sukses

Memanfaatkan Film Musikal untuk Ajari Anak Budi Pekerti, Caranya?

Mengajarkan budi pekerti pada buah hati bisa dilakukan lewat banyak cara, salah satunya lewat medium film yang merangsang audio dan visual

 

Liputan6.com, Jakarta Mengajarkan budi pekerti pada buah hati bisa dilakukan lewat banyak cara, salah satunya lewat medium film yang merangsang audio dan visual sekaligus.

Psikolog Kasandra Putranto menjelaskan rangsangan audio visual lebih efektif dalam menyampaikan muatan-muatan positif untuk anak ketimbang rangsangan audio saja atau visual saja.

Stimulasi visual misalnya lewat membaca buku, sementara stimulasi audio yang diantarkan melalui pendengaran bisa diberikan lewat nasihat orangtua.

Film musikal anak seperti “Petualangan Sherina” disebut Kasandra lebih efektif dalam menumbuhkan budi pekerti pada anak.

 

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efektif

“Film drama musikal lebih efektif menanamkan nilai pada anak. Lewat mata akan masuk ke dalam otak, ada lagu yang masuk lewat telinga sehingga memperkaya perbendaharaan dalam otaknya,” kata Kasandra dalam konferensi pers “Naura & Genk Juara” di Jakarta, Selasa (11/11).

Selain itu, anak bisa melihat contoh perilaku positif yang ditampilkan karakter protagonis. Karakter itu bisa jadi panutan yang perilakunya dapat menginspirasi anak di kehidupan sehari-hari.

Ia juga mengingatkan orangtua untuk mengawasi agar anak benar-benar mendapatkan tontonan sesuai porsi usianya. Beberapa hal yang harus mendapat lampu merah dari orangtua adalah muatan kekerasan dan percintaan dewasa. (Nanien Yuniar/AntaraNews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.