Sukses

Ahli Beberkan 10 Rahasia Pernikahan Langgeng

Liputan6.com, Jakarta Seperti halnya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan menikah esok, setiap pasangan tentunya ingin pernikahan bahagia dan langgeng.

Sebab, pernikahan merupakan momen sakral yang tidak bisa dilupakan seumur hidup. Tentunya semua pasangan ingin hidup bersama tanpa ada masalah apa pun.

Lantas, bagaimana cara bahagia menurut para pakar hubungan? Berikut ulasannya, seperti dimuat Your Tango, Selasa (7/11/2017):

1. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab pada apa yang Anda lakukan adalah keharusan. Menurut Carin Goldstein, LMFT, bila Anda tak bertanggung jawab, maka Anda seperti anak yang melemparkan pasir ke anak lain.

2. Saling menyentuh

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa semakin banyak Anda menyentuh pasangan, maka hal ini akan menciptakan ikatan yang lebih kuat. Ini terkait dengan pelepasan hormon oksitosin atau bahagia.

"Saling memegang tangan, gosok bahunya, peluk, cium setidaknya 5 atau 10 detik akan memperkuat hubungan Anda," ujar Lori Lowe, MA.

3. Pelajari bagaimana setuju untuk tidak setuju

Tidak ada orang yang mau menyetujui segala hal. Namun, selama Anda bersikap baik dan menghargai pendapat masing-masing, tidak masalah, ujar Lee Bowers, LP, PhD.

4. Saling memahami

Bagi pria, penting untuk dipahami bahwa wanita ingin didengarkan. Dan bagi wanita, penting untuk dipahami bahwa pria membutuhkan waktu untuk diri mereka sendiri. "Dengan memberi pasangan ruang untuk diri sendiri dan tanpa mengekangnya dengan komitmen yang jelas, berarti Anda sudah semakin kuat menjalin hubungan," kata MarsVenus.

5. Jangan coba mengubah pasangan

Kesalahan yang paling sering dihadapi pasangan umumnya adalah mengubah diri pasangannya.

"Biarkan pasangan menjadi siapa dirinya dan fokuslah untuk mengubah diri Anda sendiri," tutur Dr. Rick Kirschner, Relationship Coach.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

6. Peka terhadap masalah

Masalah hanya akan membuat Anda bosan di kamar tidur, malas berkomunikasi, dan bahkan dendam. "Obati gejala tersebut seperti Anda akan mengobati penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan," kata Alisa Bowman.

7. Saat berdebat, dengarkan dia tanpa menyela

Bukan tugas pasangan untuk membaca pikiran Anda. "Jadi, ucapkan apa yang Anda inginkan, lakukan dan bagaimana perasaan Anda. Meski sulit untuk jujur, tapi hal ini akan mencegah kemarahan dan frustasi dalam hubungan," kata Sharon Rivkin, MA, MFT.

8. Adil bukan hanya kata-kata

"Anda mungkin sudah lupa tentang keadilan, tapi sekarang saatnya mengembalikannya ke dalam hubungan Anda. Apakah Anda berdua bersikap adil dalam melakukan tugas-tugas, mengomunikasikan kebutuhan Anda, mengungkapkan ketidakpuasan, berurusan dengan keuangan, mengasuh anak, dan saling mendukung satu sama lain?" ujar Lisa Steadman.

9. Tidak ada yang lebih penting daripada hubungan antara suami dan istri

"Bila hal lain dianggap lebih penting, seperti karier, anak-anak, dan usaha pribadi, jadikan hubungan Anda sebagai prioritas utama. Dengan begitu, pernikahan Anda akan lebih bahagia," ujar Cathy Meyer, BPK, PKS.

10. Jangan pernah kehilangan "seni" berpacaran"

"Menyisihkan malam romantis secara teratur dapat menghidupkan kembali keajaiban hubungan jangka panjang. Tidak harus mewah, hanya meluangkan waktu khusus agar Anda bisa merasakan debaran jantung saat pertama kali jatuh cinta," kata John Sovec, LMFT