Sukses

Fun Raiser Berani Mimpi Rayakan HUT RI bersama Anak-anak Papua

Ketiga fun-raiser dan duta kompetisi #BERANIMIMPI berkesempatan merayakan Hari Kemerdekaan RI bersama anak-anak Papua

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi #BERANIMIMPI 2017 yang berlangsung secara online selama 30 hari telah mendapatkan tiga fun-raiser yang berhasil menggalang dana sebanyak-banyaknya. Dari ketiganya, Nina Hadi muncul sebagai fun-raiser dengan galangan dana terbesar, yakni Rp40.677.896. Posisi tersebut diikuti oleh Gracia Thomas (Rp21.265.304) dan Asih Silawati (Rp15.807.896).

Ketiga fun-raiser tersebut pun telah melakukan perjalanan voluntourism ke Papua selama lima hari bersama salah seorang duta #BERANIMIMPI 2017, Firrina Sinatrya pada 14-18 Agustus 2017. Tak hanya bisa melihat langsung kondisi saudara kita di Tanah Papua, mereka juga bisa merasakan khidmatnya upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di sana.

“Wahana Visi Indonesia sangat bersyukur karena berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 886.000.000 untuk pembangunan honai belajar anak dan toilet di tiga (3) sekolah di Desa Sapalek, Distrik Napua, Wamena, Papua. Sekalipun kompetisi telah ditutup, penggalangan dana tetap kami teruskan secara offline (melalui donasi langsung) hingga mencapai Rp1.000.000.000,” ujar Priscilla Christin, Direktur Komunikasi Wahana Visi Indonesia, melalui siaran pers yang diterima Health-Liputan6.com.

Firrina dan para pemenang terlihat sangat menikmati perjalanan voluntourism ini. Mereka mengecat dan menghias dinding-dinding toilet dan kelas-kelas PAUD, mengikuti lomba 17 Agustus-an dan bermain permainan tradisional bersama anak-anak di sana, berkunjung ke Goa Wosi dan Goa Kontitola dan Danau Habema. Puncak acara perjalanan voluntourism ini adalah peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pembangunan honai belajar dan upacara bendera Hari Kemerdekaan Nasional.

“Sejak awal mengikuti #BERANIMIMPI ini, motivasiku adalah agar bisa melihat anak-anak Papua memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak di kota-kota lain," ucap Firrina.

"Mereka memiliki mimpi, sama seperti anak-anak di daerah lain. Tapi apakah mereka punya kesempatan yang sama besarnya untuk mewujudkan mimpi tersebut seperti anak-anak di daerah lain? Belum tentu. Ini pe-er kita bersama," lanjutnya.

Kampanye #BERANIMIMPI merupakan sebuah kampanye sosial yang menggabungkan konsep crowdfunding dengan konsep voluntourism (kombinasi antara Volunteering dan Tourism). Konsep crowdfunding ini dilaksanakan melalui kompetisi galang dana online melalui portal beranimimpi.id, sedangkan konsep voluntourism ditawarkan sebagai hadiah bagi tiga (3) pemenang kompetisi (yang berhasil menggalang dana terbanyak) agar mereka dapat menikmati keindahan alam Papua sekaligus merasakan indahnya berinteraksi dan berbagi cerita, pengalaman, ataupun keahlian dengan anak-anak disana bersama salah satu ambassador #BERANIMIMPI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini