Sukses

3 Bubur Khas Nusantara Ini Sehat dan Cocok untuk Sarapan

Bubur nusantara dapat menjadi pilihan sebagai menu sarapan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya memberikan tenaga dan mempermudah berpikir.

Memilih menu sarapan tidak hanya mengenyangkan tetapi juga harus sehat, misalnya bubur. Sebagai alternatif menu sarapan, berikut ini tiga bubur nusantara yang patut dicoba.

1. Bubur Manado

Bubur Manado merupakan bubur yang strukturnya kasar dan menggunakan campuran beberapa jenis sayur yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

Sayuran yang terdapat dalam bubur diantaranya jagung pipil, labu kuning, ubi merah, daun labu dan daun singkong. Tak hanya sayuran, bubur Manado juga menggunakan ikan asin sebagai campurannya.

Bubur Manado merupakan salah satu bentuk makanan dengan nutrisi lengkap. Makanan ini juga mengenyangkan dan cocok sebagai menu sarapan.

2. Bubur barobbo

Bubur Barobbo merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Selatan. Bubur ini terbuat dari jagung, aneka sayuran, dan suwiran ayam yang disajikan dengan perkedel jagung.

Sebagai menu sarapan, bubur Barobbo memiliki nutrisi yang tinggi yang terdiri dari karbohidrat, protein dan vitamin. Cara membuatnya, rebus pipilan jagung ke dalam air mendidih, tambahkan kayu manis.

Selanjutnya, tambahkan tumisan bumbu yang terdiri dari merica, bawang, dan pala. Setelah itu masukkan sayuran dan masak hingga matang.

3. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau merupakan salah satu menu sarapan yang mudah dibuat. Selain itu, kacang-kacangan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mengutip laman Organic facts, Sabtu (12/8/2017), kacang hijau berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar. Selain itu kacang hijau juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas.

 

 Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.