Sukses

4 Tips Sehat yang Membantu Persiapkan Kehamilan

Lakukan empat hal ini untuk persiapkan kehamilan yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali wanita baru mulai menjaga kesehatan saat mengetahui dirinya positif hamil. Padahal akan lebih baik jika wanita dapat menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri menuju kehamilan.

Hal ini akan membantu wanita lebih siap dan lebih mudah dalam menjalani kehamilan.

Dilansir dari laman She knows, Senin (24/7/2017), berikut ini empat hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dalam mempersiapkan kehamilan.

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok bagi pria dapat membantu menghasilkan sperma yang lebih sehat dan mempercepat kehamilan. Sementara bagi wanita, berhenti merokok dapat mengurangi risiko terjadi keguguran.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil dan cenderung mengalami ketidaksuburan.

2. Konsumsi vitamin prenatal

Bagi wanita yang merencanakan kehamilan, vitamin prenatal berkualitas tinggi dengan asam folat dapat mempersiapkan tubuh untuk hamil dan mengembangkan otak janin lebih baik.

3. Kurangi konsumsi kopi

Secangkir kopi mengandung banyak kafein, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kafein yang tinggi dapat dikaitkan dengan keguguran dan infertilitas.

Jadi ada baiknya untuk kurangi minum kopi saat merencakan kehamilan Anda.

4. Kurangi stres

Meskipun menjaga diri agar tidak stres cukup sulit, namun hal ini akan membantu jika Anda mampu melakukannya. Alasannya, mengurangi stres terbukti meningkatkan kesuburan pada pasangan.

Cobalah untuk mencari aktivitas untuk merelaksasi tubuh Anda, misalnya dengan melakukan yoga. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini