Sukses

Mudah untuk Dapatkan Kehamilan yang Sehat

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan berharap agar kehamilan yang dijalani seorang istri selalu sehat hingga melahirkan.

Namun, seringkali wanita hamil menjalani pola hidup yang salah dan menyebabkan masalah kesehatan saat hamil.

Padahal, agar tetap sehat, wanita hamil bisa melakukan cara sederhana, seperti memperhatikan tiga hal berikut ini yang dikutip dari laman Womens health mag, Sabtu (22/7/2017).

1. Istirahat

Tubuh bekerja ekstra untuk melindungi Anda dan janin. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron meningkat dan metabolisme Anda tinggi. Hal ini bisa menguras energi.

Usahakan cukup tidur minimal selama tujuh jam sehari karena periset dari University of California menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari enam jam per hari memiliki kemungkinan 4,5 kali lipat menjalani persalinan caesar.

2. Asupan makanan

Kebutuhan makan setiap orang berbeda, tergantung pada usia, aktivitas, dan usia kehamilan. Hitung kebutuhan harian Anda dan penuhi untuk mendapatkan asupan yang cukup untuk ibu dan bayi.

3. Vitamin

Saat hamil, multivitamin standar tidak akan memberikan Anda cukup asam folat dan zat besi. Sementara, asam folat berfungsi untuk mencegah cacat pada bayi, kelainan pada otak dan tulang belakang. Sedangkan zat besi, penting untuk perkembangan bayi dan mencegah anemia selama kehamilan.

Untuk itu, penuhi kebutuhan vitamin dan konsultasikan kepada dokter.