Sukses

Bahaya Mengucek Mata Tanpa Cuci Tangan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mengucek mata karena gatal atau setelah seharian menatap layar komputer. Mengucek mata boleh saja, asal sebelumnya mencuci tangan. Jika tidak, hal ini sama saja dengan mentransfer kuman ke dalam tubuh, yang dapat berakibat pada timbulnya penyakit.

Akibat kuman yang menempel pada jari masuk ke mata, tentunya dapat membahayakan selaput bening yang ada di mata.

"Jika Anda menyentuh tubuh orang lain atau benda, maka virus atau bakteri bisa terdapat di dalamnya. Kemudian Anda mengucek mata. Mata mungkin terinfeksi. Infeksi virus di mata menyebabkan konjungtivitis (peradangan pada selaput bening mata), " kata Dr Marita Long, juru bicara Royal Australian College of General Practitioners, Australia, dikutip dari Coach, Selasa (4/7/2017).

Studi tahun 2012 di jurnal Clinical Infectious Diseases menemukan, kebiasaan mengucek mata memang tidak disadari banyak orang.

Dari pengamatan orang di tempat umum dan angkutan umum ditemukan, rata-rata orang mengucek mata sebanyak tiga kali per jam bahkan lebih sering.

Agar  terhindar dari infeksi virus di mata, sebaiknya mencuci tangan sebelum mengucek mata. Kebersihan tangan yang baik dapat mengurangi penularan infeksi virus pada mata.

Saat mencuci tangan, tidak perlu menggunakan anti bakteri khusus. Sabun dan air biasa sudah cukup baik membersihkan tangan. 

 

Loading