Sukses

Saran Dokter Kulit, Jangan Bertukar Alat Makeup

Penggunaan alat makeup yang dipakai bersama dengan teman atau saudara dapat menyebabkan kulit wajah terpapar bakteri dan virus.

Liputan6.com, Jakarta Alat makeup seperti kuas atau spon sering kali dipakai bersama dengan teman atau saudara. Padahal ada efek buruk yang akan menghampiri kulit wajah setelah itu.

Dr Adriana Schmidt, ahli dermatologi dari Santa Monica Dermatology Medical Group, California, mengatakan kuas makeup merupakan benda pertama yang mengantarkan virus dan staph--kelompok dari bakteri--duduk di wajah.

"Staph akan lebih mudah pindah dari kulit satu ke kulit lainnya dan Anda tidak pernah tahu siapa yang membawa staph ke wajah Anda," katanya dikutip dari The List, Senin (19/6/2017).

Schmidt mengatakan staph yang menyebar di kulit wajah bisa berkumpul menjadi kelompok yang lebih besar lagi di setiap inci wajah Anda. Menurutnya, secara tidak disengaja staph dapat menyebarkan infeksi dan biasanya terjadi akibat Anda bertukar alat makeup dengan orang lain.

Perpindahan staph juga bisa disebabkan oleh tangan yang tidak dicuci terlebih dahulu saat mengoleskan krim wajah atau produk makeup lainnya pada wajah. Untuk mencegahnya, Anda diwajibkan selalu mencuci tangan sebelum menyentuh kulit wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.