Sukses

Bawa Kartu BPJS Kesehatan, Pemudik Lebih Mudah Berobat

Selama mudik lebaran, peserta BPJS Kesehatan diimbau untuk selalu membawa kartunya. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Selama mudik lebaran, peserta BPJS Kesehatan diimbau untuk selalu membawa kartunya. Sebab bila terjadi sesuatu, mereka bisa berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Demikian disampaikan Kepala Grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan, Fachrurrazi melalui keterangan pers, Kamis (15/7/2017).

"Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Menurut Fachrurrazi, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017. Dan ini hanya berlaku bagi peserta yang tidak telat bayar iuran.

“Pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," ujarnya.

Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7 x 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin - Jumat pukul 07.00 - 20.00 WIB.

Kepala Grup Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Budi Mohamad Arief menambahkan, tahun ini BPJS Kesehatan membuka delapan posko mudik, yaitu:

- Terminal Pulo Gebang, Jakarta

- Stasiun Bandung

- Stasiun Yogyakarta

- Terminal Tirtonadi, Surakarta

- Terminal Bungurasih, Surabaya

- Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar

- Pelabuhan Gilimanuk, Bali

- Pelabuhan Merak, Banten.

Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 21 - 24 Juni 2017 tersebut menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini