Sukses

Belajar dari Jupe, Para Wanita Harus Peduli Kesehatan Serviks

Julia Perez merupakan satu dari banyak wanita Indonesia yang terkena kanker serviks. Ayo wanita Indonesia, peduli kanker serviks.

Liputan6.com, Jakarta Kepergian selebritas Julia Perez di usia 36 karena kanker serviks bisa jadi pelajaran bagi wanita Indonesia untuk lebih peduli pada kesehatan serviksnya.

"Paling enggak, jadi lebih aware (peduli) lah sama kanker serviks," kata inisator Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), Prof dr Andrijono SpOG(K) saat dihubungi Health-Liputan6.com, Minggu (11/6/2017).

Bukan tanpa sebab Andrijono mengatakan hal tersebut. Melihat data Globocan 2012, ada satu wanita Indonesia meninggal dalam satu jam karena kanker serviks. Diprediksi pula ada 58 kasus kanker serviks baru setiap hari. Sedihnya lagi hampir 70 persen kasus yang ditemukan dalam stadium lanjut.

"Perempuan Indonesia saat ini sedang dalam situasi genting terkena kanker serviks. Oleh karena itu pencegahan dan deteksi melalui skrining dan vaksinasi lebih baik dilakuksan sjeak dini daripada pengobatan," katanya lagi mengutip rilis yang diterima Health-Liputan6.com.

Skrining kanker serviks bisa dilakukan dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) atau pap smear. Bila ditemukan kanker sejak dini, bisa segera dilakukan pengobatan.

Kini juga sudah ada vaksin HPV untuk kanker serviks. Menurut Andrijono, pemberian mampu menurunkan risiko wanita terkena kanker serviks hingga 70 persen selama kurang lebih 17 tahun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.