Sukses

Kata Pakar Soal Video Bayi Baru Lahir yang Langsung Ingin Jalan

Video viral yang memperlihatkan bayi baru lahir langsung ingin berjalan bikin heboh. Namun, dokter mengatakan refleks tersebut adalah normal

Liputan6.com, Jakarta Video viral yang memperlihatkan bayi baru lahir yang ingin langsung berjalan kini jadi perbincangan banyak orang, baik di dunia nyata dan maya. Di dalam video itu, si bayi perempuan yang baru beberapa menit lahir di sebuah rumah sakit di Brasil ini seakan ingin berjalan dibantu petugas medis.

Video tersebut diberi keterangan : "Luar biasa. Bayi ini ingin langsung ingin berjalan sesaat sesudah lahir".

(https://www.vidio.com/watch/753785-viral-bayi-baru-lahir-bisa-jalan-bikin-heboh-netizen)

Orang yang melihat video bayi baru lahir tersebut pun langsung keheranan dan takjub. Namun, dokter spesialis anak mengatakan hal tersebut bukan hal luar biasa alias normal.

"Itu adalah refleks normal yang dimiliki bayi," kata Asisten Profesor Pediatri dari Temple University, Amerika Serikat, Megan Heere.

"Dalam video ini, orang-orang banyak menyorot tentang refleks saat bayi ini melangkah, ini adalah contoh hal normal yang bayi bisa lakukan (saat lahir)," tambah Heere lagi.

Refleks berjalan yang diperlihatkan bayi dalam video tersebut juga terjadi karena telapak kakinya menyentuh permukaan datar yang kokoh. Refleks ini umumnya sudah terlihat di dua bulan pertama kehidupan bayi.

Menurut pakar lain, Daniela Corbetta dari Infant Perception-Action Laboratory University of Tennessee Knoxville, Amerika Serikat, refleks berjalan sesaat bayi lahir sebenarnya sudah didokumentasikan sejak 1940. Apa yang dilakukan bayi itu sebenarnya hanya terlihat seperti berjalan saja.

"Ini hanya seperti gerakan melangkah saja. Namun masih jauh dari kemampuan si bayi bisa berjalan," kata Daniela mengomentari video viral bayi baru lahir yang seakan bisa berjalan itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.