Sukses

Pakar Ungkap Penyakit yang Sering Diderita Lansia

Seiring bertambahnya usia, orang lanjut usia (lansia) rentan terkena penyakit kronik degeneratif.

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, orang lanjut usia (lansia) rentan terkena penyakit kronik degeneratif seperti disampaikan dokter yang mendalami ilmu geriatri dari RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Siti Setiati.

Mulai dari stroke, serangan jantung, gagal ginjal, pengapuran sendi, keropos tulang, diabetes, hingga demensia. Selain itu, gangguan pendengaran, katarak, serta penyakit paru kronik rentan menyerang lansia.

"Penyakit itu berlangsung lama dan enggak bisa sembuh. Penyakit-penyakit itu memang tidak menular, tapi mematikan," papar dokter Ati dalam diskusi "Hidup Sehat dan Menyenangkan di Usia Tua bersama Philips" di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Guna mencegah ataupun memperlambat penyakit muncul, dokter Ati menekankan pentingnya menjalani gaya hidup sehat sejak dini, bukan saat sudah lanjut usia.

"Yang menyedihkan, banyak penyakit kronik degeneratif kini muncul di usia muda, 29-30 tahun. Gaya hidup sehat itu harus dimulai dari sangat kecil, harus dilatih," pesannya.

Memang tidak dipungkiri ada orang-orang yang terus sehat hingga 60, 70, 80, bahkan 100 tahun. Bisa jadi itu karena individu memiliki gen yang sehat.

Meski memiliki gen sehat, tetap perlu menjaga gaya hidup sehat. Terlebih mereka yang memiliki keturunan dari orangtua dengan tekanan darah tinggi atau gula darah tinggi, penting sekali menjaga gaya hidup sehat agar tetap sehat, aktif, dan produktif saat lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.