Sukses

Tips Mudah Jaga dan Pangkas Berat Badan Tanpa Diet

Liputan6.com, Jakarta Menggabungkan antara olahraga dan menjaga asupan makanan merupakan salah satu cara efektif menurunkan atau menjaga berat badan. Tapi diperlukan disiplin dan tekad yang kuat untuk melakukannya. Sebagian individu menyerah karena merasa repot harus menghitung kalori setiap akan menyantap makanan.

Adakah cara mudah untuk menjaga atau menurunkan berat badan? Anda beruntung, coba terapkan cara mudah berikut ini untuk menjaga berat badan, seperti mengutip laman Brightside, Rabu (5/4/2017):

1. Tunggu 10 menit

Penelitian menunjukkan, dorongan untuk makan muncul setidaknya selama 10 menit kemudian hilang. Jadi ketika Anda ingin makan atau mengudap sesuatu, sebaiknya tunggu hingga 10 menit sebelum mewujudkannya. Sementara itu, lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian dari rasa ingin makan.

2. Hindari terlalu lama duduk

Gaya hidup sedentary terbukti memperlambat metabolisme tubuh. Untungnya, bergerak ringan seperti berjalan-jalan selama beberapa menit di kantor setiap beberapa jam sekali bisa mengubah hal itu. Dan akan lebih baik bila Anda meluangkan waktu berdiri selama setidaknya dua jam.

Tubuh membakar 100 kalori dalam posisi duduk. Sementara posisi berdiri memungkinkan kalori terbakar hingga 140. Selalu ingatkan diri untuk melakukan hal kecil yang berdampak baik bagi kesehatan ini.

3. Minum air

Sering kali tubuh keliru memaknai rasa haus sebagai rasa lapar. Jadi lain kali ketika Anda merasa lapar, coba minum air atau teh dingin. Bila rasa lapar Anda masih bertahan 10 hingga 20 menit setelah minum, artinya Anda memang perlu asupan makanan. 

 

2 dari 3 halaman

Hindari minuman berkarbonasi

4. Hindari minuman berkarbonasi

Anda tentu telah paham mengenai minuman karbonasi yang cenderung tinggi gula, bukan? Jadi, meminum jenis minuman ini sama saja menghancurkan program yang telah Anda susun.

5. Makan dengan tenang

Saat Anda memutuskan untuk makan, sebaiknya jangan lakukan sambil terburu-buru atau melakukan hal lain. Sebaliknya, siapkan makanan Anda di meja makan, duduk, lalu makanlah dengan tenang. Nikmati setiap suapan makanan Anda. Kondisi makan dengan penuh kesadaran ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.

6. Berteman dengan protein

Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi bila Anda mengonsumsi makanan tinggi protein saat sarapan atau makan siang, Anda tak akan makan berlebihan saat makan malam. 

 

3 dari 3 halaman

Berlatih kardio

7. Pilih latihan kardio

Latihan kardio adalah yang Anda perlukan saat berolahraga di pusat kebugaran. Ini merupakan latihan paling efektif untuk membakar lemak karena bisa melatih lebih banyak otot.

8. Gunakan piring kecil

Kabarnya kita akan makan 22 persen lebih sedikit bila menggunakan piring dengan diameter 5cm lebih kecil.

9. Hindari lift

Alternatif yang baik untuk lebih aktif di kantor adalah menghindari lift dan menggunakan tangga. Naik dan turun tangga selama 15 menit bisa membuang 150 kalori. Bila Anda melakukannya setiap hari, artinya Anda membakar kurang lebih 1.050 kalori per minggu.

10. Berhenti minum alkohol

Alkohol mengandung banyak kalori. Satu gelas wine mengandung 85 kalori, sementara ada 150-200 kalori dalam segelas bir. Anda tak ingin usaha membuang kalori dengan naik dan turun tangga selama 15 menit jadi sia-sia gara-gara segelas minuman beralkohol bukan?

 

 

Loading