Sukses

BAB Dua atau Tiga Hari Sekali, Normalkah?

Buang air besar selama dua atau tiga hari sekali dapatkah dikatakan normal?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami kesulitan BAB? Atau mengalami BAB yang tidak rutin? Jika ya, jangan panik dulu sebab BAB yang dialami setiap individu memang berbeda dan terus mengalami perubahan.

Masalah pencernaan selalu menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Menurut Felice Schnoll-Sussman, M.D., Direktur Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health, New York-Presbyterian and Weill Cornell Medicine, tak ada aturan pasti kapan individu harus buang air per harinya.

"Walaupun rata-rata seseorang akan BAB sekali atau dua kali sehari. Bahkan ada yang lebih dari itu," kata Schnoll-Sussman dikutip dari Women's Health, Jumat (31/3/2017).

Tak jarang juga, Schnoll-Sussman menemukan pasien yang mengeluhkan karena hanya bisa BAB dua hingga tiga hari sekali. Menurut dia, kondisi tersebut masih normal selama tidak menimbulkan rasa sakit.

"Tidak BAB selama sehari, dua, atau bahkan tiga hari baik-baik saja, selama Anda tidak sakit perut dan tidak mengalami kesulitan saat BAB," ujar Schnoll-Sussman.

Agar proses BAB lancar, Schnoll-Sussman menyarankan untuk melakukan diet seimbang sayur dan buah dilengkapi dengan beberapa ons daging. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.