Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

5 Tips Seks Aman agar Terhindar dari Hepatitis C

Perhatikan, tips seks agar Anda tidak terkena hepatitis C.

Liputan6.com, Jakarta Hepatitis C tak hanya timbul akibat pola konsumsi yang buruk, seperti sering minum minuman beralkohol dan konsumsi makanan olahan. Anda bisa terkena penyakit menular hepatitis C dari kebiasaan seksual yang dilakukan.

Hepatitis C merupakan infeksi virus pada hati yang menyebar melalui kontak darah. Jika dibiarkan, 75- 85 persen berisiko menderita penyakit hati mengerikan seperti sirosis (kerusakan hati) dan kanker.

Untuk melindungi hati, Anda dan pasangan dapat menyimak tips seks berikut ini, sebagaimana ditulis dari The Health Site, Rabu (22/3/2017).

Hindari seks yang kasar

Seks yang kasar melibatkan kegiatan yang membuat tubuh berdarah. Jika salah satu dari pasangan terinfeksi, ia bisa menularkannya ke orang lain.

Pahami pasangan Anda

Sebelum masuk ke hubungan seksual dengan seseorang, lakukan pemeriksaan latar belakang masa lalu kehidupan seksualnya. Tidak ada salahnya untuk check-up.

Lakukan ciuman dengan lembut

Meskipun hepatitis C ditularkan melalui kontak darah, terkadang dapat juga tertular dari ciuman. Ciuman agresif yang mungkin melibatkan gigitan dapat menyebabkan berdarah. Darah yang keluar dapat menularkan penyakit hepatitis pada pasangan.

Jika Anda punya pasangan seksual baru, sebaiknya menahan diri untuk berciuman jika mulut, bibir arau gusi pasangan tengah luka atau berdarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari seks anal

Hindari seks anal

Seks anal dapat berbahaya, terutama jika melakukan penetrasi dengan tekanan lebih dalam. Akibatnya, rongga dubur dapat terluka. Dalam kasus tersebut, darah orang yang terinfeksi dapat menginfeksi pasangannya.

Jangan berbagi mainan seks

Berbagi beberapa mainan seks bisa menularkan hepatitis C kepada orang yang sehat. Mainan seks yang digunakan untuk seks sadomasokis (penyimpangan seksual melalui penyiksaan) dapat menyebabkan virus hepatitis C tertular melalui darah orang yang terinfeksi. Sebaiknya, hindari berbagi mainan seks seperti vibrator dan dildo selama hubungan seks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.