Sukses

Ukuran Pinggang Melebar Bisa Dikarenakan Kebanyakan Duduk

Terlalu lama dalam duduk membuat lingkar pinggang kita menjadi lebih besar dan terlihat lebar jika dilihat dari sisi depan.

Liputan6.com, Jakarta Pinggang yang melebar adalah salah satu dari banyak isu terkait penampilan fisik yang mengintai para wanita. Umumnya, para wanita akan mengira bahwa melarnya pinggang hanya bisa terjadi jika mereka terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Namun faktanya, melebarnya lingkaran pinggang juga bisa dipicu hal lain seperti duduk terlalu lama.

Dikutip dari situs Health Watch, Minggu (5/3/2017), sebuah riset di University of Warwick Medical School yang dipimpin oleh William Tigbe menunjukan bahwa orang yang terlalu sering dan terlalu lama menghabiskan waktu untuk duduk memiliki lingkar pinggang 3 cm lebih besar dibandingkan yang tidak terlalu sering.

Riset yang dipimpin Tigbe melibatkan sebanyak 111 peserta yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kalangan pekerja yang waktunya banyak dihabiskan dalam posisi duduk di depan layar komputer, sedangkan kelompok kedua berisikan orang-orang yang pekerjaannya mengandalkan gerakan fisik yaitu mengantarkan surat dari rumah ke rumah.

Setelah diteliti selama seminggu dan dianalisa secara mendetil berdasarkan berat badan, tinggi, tekanan darah, hasil tes darah, penyakit genetik keturunan keluarga, jenis kelamin, usia dan kadar metabolisme masing-masing individu di setiap kelompok, Tigbe dan rekan peneliti lainnya pun akhirnya menemukan keterkaitan kuat antara terlalu banyak duduk dengan melebarnya lingkar pinggang.

Temuan pertama dari penelitian tersebut adalah, mereka yang lebih sering duduk ketika bekerja memiliki lingkar pinggang rata-rata lebih besar 3 cm yaitu 97 cm daripada yang bekerja fisik mengantarkan surat yaitu, 94 cm. Pekerja yang lebih sering duduk juga memiliki risiko terserang penyakit kardiovaskular 2,2 persen lebih besar dibandingkan pekerja pengirim surat yang risikonya hanya 1,6 persen dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Secara detail, penelitian tersebut mengungkap kemungkinan besar ukuran lingkar pinggang bertambah 2 cm dan risiko terserang penyakit kardiovaskular meningkat 0,2 persen, setiap tambahan jam setelah kita duduk selama 5 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini