Sukses

Teguk 4 Minuman Ini Sebelum Tidur, Dijamin Berat badan Cepat Drop

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang lebih buruk dibanding efek dari kurang tidur. Kadar hormon yang berantakan, keinginan mengemil yang kuat, timbulnya isu gula darah, dan meningkatnya berat badan, semuanya adalah efek dari kurang tidur--demikian menurut Bridget Murphy, RDN, CDN, dari NYU Longone Medical Center.

Anda mungkin sudah tahu bahwa mengonsumsi kafein dan gula terlalu dekat dengan jam tidur bisa mengacaukan kualitas tidur. Namun, beberapa nutrisi lain justru bisa menstabilkan gula darah dan membakar lemak--yang berujung pada turunnya berat badan.

Seperti dilansir dari Prevention, Rabu (11/01/2017) berikut beberapa minuman sebelum tidur yang bisa bantu Anda menurunkan berat badan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Susu

Segelas susu, baik hangat atau dingin, bisa membuat tidur Anda lebih lelap. Ini karena dosisi tryptophan dan kalsium di dalamnya, ujar Murphy. Semakin baik kualitas tidur akan semakin berkurang keinginan Anda untuk mengemil keesokan harinya.

Untuk Anda yang rutin berolahraga, protein dalam susu cukup lambat untuk dicerna. Hal itu akan membantu Anda membentuk massa otot sepanjang malam. Hasilnya, metabolisme yang lebih cepat dan berat badan turun dengan lebih mudah.

3 dari 5 halaman

2. Jus Anggur

Minum jus buah sebelum tidur memang tidak direkomendasikan. Namun, segelas kecil jus anggur 100 persen sebelum tidur bisa membantu membakar lemak saat tidur, ujar Murphy.

Penelitian yang diterbitkan dalam Cell Reports menyarankan, sekresi insulin pada malam hari akan meregulasi ritme sirkadian tubuh.

Dan sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan, resveratrol, suatu antioksidan dalam anggur, akan menkonversi lemak putih penyimpan lemak menjadi lemak cokelat pembakar lemak.

4 dari 5 halaman

3. Teh Chamomile

Secangkir teh hangat akan meningkatkan kadar glycine, suatu transmisi saraf yang akan membuat saraf santai dan berfungsi seperti sedatif ringan.

Kelebihan lain, chamomile mampu mendongkrak suhu inti tubuh, sehingga sistem Anda akan meresponnya dengan menyejukkan tubuh secara dramatis--yang akan membuat Anda tertidur.

Belum lagi, chamomile juga dihubungkan dengan membaiknya kontrol glukosa dan berat badan, ujar Murphy. Pastikan saja teh yang Anda minum sebelum tidur bebas kafein.

5 dari 5 halaman

4. Kefir

Dibuat dari susu fermentasi, minuman yang kaya probiotik ini akan bekerja di dalam usus. Tugasnya adalah untuk mendongkrak jumlah bakteri baik, meningkatkan pencernaan, dan membantu menyerap tubuh menyerap vitamin dan mineral secara lebih efektif, ujar Murphy.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine juga menghubungkan minuman setipe yogurt dengan membaiknya kualitas tidur dan perfoma olahraga yang lebih baik.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS