Sukses

Mengapa Ibu Lebih Doyan Menggendong Bayi di Sisi Kiri?

Menggendong bayi di sisi tersebut menjadi cara terbaik ibu untuk melihat dan menanggapi perilaku buah hati.

Liputan6.com, London-- Coba perhatikan, biasanya para ibu menggendong bayi mereka di sisi mana? Sebagian besar ibu menggendong di sebelah kiri.

Hasil studi terdahulu menunjukkan 70-85 persen ibu dan wanita memiliki kebiasaan menggendong bayi di sisi kiri. Peneliti asal Rusia pun penasaran mengapa kecenderungan menggendong di sebelah kiri.

Kirana Larasati saat gendong bayi (Instagram/@kiranalarasati)

Setelah dianalisa, kecenderungan menggendong bayi di sebelah kiri itu dikarenakan sang ibu merasa dirinya bisa menjaga bayi dengan aman.

Dengan menggendong di sisi tersebut menjadi cara terbaik ibu untuk melihat dan menanggapi perilaku bayi. Seperti memudahkan ibu dalam melihat bayi saat tertawa, menguap, dan menangis.

"Menggendong bayi di kiri membantu melihat aksi bayi yang kemudian dikirim ke sisi kanan otak bayi, ini adalah bagian untuk memproses emosi," kata peneliti seperti mengutip Daily Mail, Selasa (10/1/2017).

Kain gendongan bayi menjadi peralatan yang dibutuhkan orangtua untuk mempermudah saat menggendong.

Uniknya kebiasaan menggendong di sebelah kiri ini bukan hanya dilakukan manusia tapi juga aneka hewan.

"Menggendong di sebelah kiri merupakan ciri khas dari perilaku ibu pada manusia dan kera, tapi perkembangan evolusi bisa seperti ini kapan terjadi tidak diketahui," kata penulis studi.

Beberapa hewan mamalia lainnya juga dianalisa, hasilnya sebagian besar juga menggendong di sisi kiri. Contohnya mulai dari singa laut hingga kanguru, cenderung menjaga anak-anak di sisi kiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini