Sukses

Cara Efektif Tingkatkan Kualitas Sperma

Studi teranyar ungkap cara agar sperma tokcer selain mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan normal, menjauhi alkohol dan rokok.

Liputan6.com, New York- Kualitas sperma buruk jadi faktor yang membuat satu dari tiga pasangan di dunia ini kesulitan memiliki anak. Beragam cara dilakukan agar kualitas sperma yang terdapat dalam air mani ini lebih sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan normal, menjauhi alkohol dan rokok.

Studi terbaru menambahkan cara agar kualitas sperma lebih sehat, yakni dengan rutin berolahraga. Studi yang dipublikasikan jurnal Reproduction tersebut mengatakan rutin berolahraga membuat kualitas sperma makin baik.

Mantan PM Inggris, David Cameron saat lari pagi di Camp Bastion di Provinsi Helmand, pada 11 Juni 2010. Cameron selalu menyempatkan lari dan tenis minimal satu kali dalam sepekan. Dia juga tidur teratur dan tidak begadang. (AFP PHOTO/Stefan Rousseau)

Pimpinan studi, Behzad Maleki dari Justus-Liebig University, Jerman mengetahui hal ini dengan meminta partisipasi 280 pria usia 25-30an tahun. Meleki membagi partisipan dalam beberapa kelompok. Ada yang diminta rutin berolahraga dan tidak selama enam bulan.

Dalam kelompok yang partisipan pria yang berolahraga dibagi lagi dua grup, ada yang berolahraga intensitas sedang dengan berjalan kaki atau jogging. Grup yang lain olahraga intensitas tinggi.

Di akhir penelitian, Maleki membandingkan kualitas sperma kelompok yang berolahraga dan tidak. Rupanya yang berolahraga menunjukkan kondisi sperma lebih sehat seperti mengutip Time, Rabu (7/12/2016).

Sebagian wanita ada yang alergi sperma

"Ini sesuai dengan apa yang kami bayangkan mengenai efek berolahraga," kata wakil presiden American Society of Reproductive Medicine,Peter Schlegel mengomentari hasil penelitian ini.

Dalam studi ini menunjukkan grup yang olahraga intensitas sedang menunjukkan peningkatan sperma lebih baik dibanding yang intensitas tinggi. Bisa jadi karena olahraga yang terlalu berlebihan malah membuat tubuh panas sehingga merugikan sperma.

Schlegel juga menekankan bahwa olahraga teratur memang dapat meningkatkan sirkulasi dan pembuluh darah lebih sehat. Hal ini bermanfaat bagi testis, organ yang memproduksi sperma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.