Sukses

Resep Panjang Umur Emma Morano yang Baru Ultah ke-117

Menjadi orang tertua di dunia, Emma Morano memiliki pola makan dengan resep khusus.

Liputan6.com, Jakarta Bulan November ini, Emma Morano membuat sosial media heboh. Dia adalah wanita tertua di dunia yang lahir pada November 1899, empat tahun sebelum Wright bersaudara pertama kali terbang. Dilansir Reuters, Emma Morano tercatat hidup selama tiga abad, dua Perang Dunia dan lebih dari 90 pemerintahan di Italia.

Kawan, tetangga dan dokternya berkumpul di apartemen kecilnya di utara kota Verbania, di tepi Danau Maggiore, dengan menghadiahi kue ulang tahun besar berwarna putih.

"Hidupku tidak terlalu menyenangkan," katanya sembari duduk di bangku berlengan di dekat jendela, syal putih menyelubungi pundaknya.

"Saya bekerja di pabrik hingga berusia 65 tahun, itu saja," ujarnya.

Ekspresi nenek Emma Morano saat akan merayakan ulang tahunnya ke-117 di Verbania, Italia, (29/11). Nenek Emma Morano dianggap sebagai orang tertua di dunia yang lahir di tahun 1800-an. (REUTERS/Alessandro Garofalo)

Emma Morano tinggal sendirian dan hidup lebih lama dari delapan saudara dan saudarinya, termasuk seorang yang meninggal pada usia 102. Berbeda dengan saudara dan saudarinya, Emma Morano memiliki umur hinga lebih dari 100 tahun meski menganut pola makan tidak seimbang dan tidak biasa.

Pola makan yang tidak seimbang Emma Morano menjadi perhatian khusus dokter Carlo Baca yang mendampinginya. "Saat baru kenal, saya tahu dia biasa makan tiga telur sehari. Dua mentah, satu digoreng. Akhir-akhir ini dia mangurangi jumlahnya jadi dua karena dia bilang tiga rasanya berlebihan,"ujarnya. Simak menu rahasia dari Emma Morano dengan mengeklik tautan berikut ini. 

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Fakta-fakta Menarik dari Pasangan yang Terlahir Kembar. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini