Sukses

Bukan Cuaca Atau Alergi, Ini Sebenarnya Alasan Utama Sakit Flu

Flu adalah penyakit paling umum yang pastinya pernah dialami setiap orang seantero dunia.

Liputan6.com, Jakarta Flu adalah penyakit yang paling umum dialami setiap orang seantero dunia. Kerap kali hal-hal seperti cuaca, alergi dan makanan dingin dijadikan alasan yang memicu terjangkitnya penyakit ini, padahal alasan utamanya cukup sederhana yaitu, waktu tidur Anda masih tergolong sangat kurang.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep, kuman yang menyebabkan flu pada dasarnya berada dimana-mana. Namun yang membuat Anda sangat rentan terhadapnya, dipengaruhi juga oleh durasi tidur Anda setiap malam.

Misalnya, jika rata-rata waktu tidur Anda setiap malam hanya lima atau enam jam, berarti Anda empat kali lebih rentan terkena flu, dibandingkan dengan seseorang yang tidur cukup yaitu, sekitar 7-8 jam.

Mengapa bisa begitu? Alasannya, semakin banyak Anda beristirahat, maka tubuh pun akan semakin mudah untuk melawan virus, peradangan, dan pilek, seperti dilansir Purewow, Senin (14/11/2016). Pasalnya kekurangan waktu tidur menurunkan kekebalan tubuh yang mana sangat penting untuk memastikan kuman atau bakteri luar tidak masuk.

Jadi jika Anda mulai khawatir tertular sakit flu, segera pergi tidur lebih awal saat malam harinya, hal ini cukup dapat membantu Anda menghindari sakit flu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini