Sukses

Ini Untungnya Memasak Bareng Anak

Orangtua bisa mengajak anak untuk berdiskusi dulu sebelum memasak bersama.

Liputan6.com, Jakarta Memasak bersama anak punya banyak keuntungan, mulai dari mempererat hubungan orangtua dengan anak hingga membuat anak jadi lebih jarang jajan.

"Ada penelitian yang menunjukkan bahwa masak bersama anak ada pengaruhnya terhadap tingkah lakunya yang lebih sehat. Rupanya anak yang masak bersama orangtua itu cenderung lebih bersemangat makan salad dan jarang jajan di luar," tutur psikolog dari Universitas Indonesia, Rini Hildayani dalam Nestle Healthy Kids International Chefs Day 2016 di Jakarta pada Kamis (20/10/2016).

Bila anak sudah berusia sekolah dasar, Rini menyarankan orangtua untuk mengajak anak berdiskusi sebelum memasak bersama.  Orangtua bisa menanyakan pada anak akan masak apa hari ini.

"Hal ini mengajarinya tentang membuat sebuah keputusan," kata Rini lagi.

Satu lagi yang bisa anak pelajari dari memasak yakni mengenal proses. "Bahwa memasak itu memerlukan proses sebelum mencapai hasil. Ini mengajarkan kepada anak untuk mendapatkan sesuatu itu perlu effort," kata executive chef Stefu Santoso yang juga hadir dalam acara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini