Sukses

Mengapa Terasa Haus Sebelum Tidur?

Dorongan untuk buang air sebelum tidur mungkin karena cara kerja jam dalam otak.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda menyadari kalau sebelum tidur, ada hasrat untuk minum karena haus? Ternyata ada penjelasan ilmiah untuk hal ini.

Dalam penelitian yang menggunakan tikus, ilmuwan dari McGill University di Quebec menemukan kalau kebiasaan minum sebelum tidur ini ternyata merupakan sinyal hidrasi untuk melindungi tubuh saat tidur.

"Saat tikus tidak minum air selama beberapa jam sebelum mereka tidur, mereka menderita dehidrasi parah pada saat bangun. Hasil ini membuat para peneliti berpikir bahwa lonjakan asupan air yang terjadi sesaat sebelum tidur mungkin cara bagi tikus untuk melindungi diri terhadap dehidrasi saat mereka tertidur," kata peneliti, seperti dikutip Livescience, Sabtu (8/10/2016).

Melihat tikus minum lebih banyak air sebelum tidur, peneliti bertanya-tanya apakah sel dalam otak atau "sensor hidrasi" yang berkaitan dengan rasa haus, bisa berkomunikasi dengan bagian dari otak yang mengontrol jam tubuh tikus yang mendorong mereka untuk tidur dan bangun.

Para peneliti kemudian merangsang otak tikus dengan listrik, dan menemukan bahwa stimulasi ini tampaknya berkaitan dengan meningkatkan pelepasan hormon vasopressin, yang diproduksi dalam wilayah yang sama.

Hormon vasopresin memang mengaktifkan sel-sel otak yang berhubungan dengan rasa haus, menurut penelitian yang diterbitkan 29 September di journal Nature. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah mekanisme yang sama sedang bekerja pada manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.