Sukses

Keadaan Darurat, Pembalut Wanita Bisa Gantikan Kasa Steril

Pembalut wanita menjadi alat yang mampu berperan efektif untuk menangani luka besar, sebagai pengganti kasa steril

Liputan6.com, Jakarta Fungsi dari kasa steril tak lain adalah untuk menutup luka agar tak terpapar bakteri dari debu atau udara. Sayangnya kasa steril yang berukuran kecil ini sering kali tidak mampu menutup luka yang cukup besar dalam kondisi darurat.

Namun Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, Dr Lelitasari, mengatakan pembalut wanita menjadi alat yang mampu berperan efektif untuk menangani luka besar, atau sebagai pengganti kasa steril.

"Dalam kecelakaan atau keadaan darurat di dalam kotak P3K biasanya hanya menyediakan kasa steril berukuran kecil. Nah, pembalut wanita yang lebar itu juga bisa mengganti kasa steril," jelas Lelitasari, dalam peluncuran kampanye #SiagaHansaplast dalam rangka peringati Hari P3K sedunia di Jakarta, ditulis Senin (19/9/2016).

Lelitasari menambahkan bahwa pembalut wanita juga lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan kasa steril.

"Untuk membeli kasa steril kan harus ke apotik, sedangkan pembalut bisa ditemukan di warung atau kalau di rumah ada penghuni wanita pasti ada pembalut. Jadi pembalut bisa menggantikan kasa steril. Apalagi pembalut wanita kan dijamin steril, jadi aman untuk menutup luka," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini