Sukses

Hidangan Idul Adha Bikin Kolesterol Meroket? Turunkan Dengan Ini

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi banyak daging sapi atau kambing usai hari raya Idul Adha sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Aneka makanan berbahan kedua daging tersebut disajikan di atas makan setelah hari Lebaran Haji.  Namun perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi makanan daging merah memiliki efek jangka panjang yang sangat buruk bagi kesehatan yaitu, peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Membatasi asupan makan daging merah jadi salah satu cara mencegah meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi aneka makanan enak berikut yang terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kolesterol seperti dikutip laman Prevention, Rabu (14/9/2016).

1. Oat
Jika Anda sering makan oat sebagai menu sarapan, itu adalah kunci menurunkan kolesterol turun. Jika mengonsumsi oat dalam enam minggu bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 5,3 persen.

2. Salmon
Kandungan omega-3 yang biasa ditemukan dalam ikan merupakan sumber alami untuk menurunkan penyakit jantung, demensia dan aneka masalah lainnya. Selain itu, kandungan asam lemak dalam ikan memiliki manfaat menurunkan kolesterol.

Hal ini diungkap dalam penelitian dari Loma Linda University yang mengganti asupan lemak jahat dengan makanan kaya omega-3 yang terdapat dalam salmon, sarden yang bisa meningkatkan kolesterol baik sekitar empat persen.

2 dari 3 halaman

Kacang almond

3. Kacang almond
Jika ingin menurunkan kolesterol sebagai kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang tanah.

4. Cokelat
Cokelat hitam merupakan sumber antioksidan yang membantu meningkatkan kolesterol baik alias HDL. Dalam studi yang dipublikasikan dalam AJCN 2007, partisipan yang mengonsumsi makanan berbahan bubuk cokelat meningkatkan tingkat HDL hingga 24 persen.

3 dari 3 halaman

Bawang putih

5. Bawang putih
Selain menambah cita rasa makanan kehadiran, bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol. Studi mengungkap bawang putih membantu pencegahan plak pada arteri di tahap awal. Para pakar kesehatan menyarankan mengonsumsi 2-4 siung bawang putih tiap hari.

6. Bayam
Sayuran hijau lezat yang satu ini mengandung lutein. Bahan kandungan ini meningkatkan kesehatan mata yakni degenerasi macular. Selain itu, konsumsi bayam juga mengurangi risiko dari penyakit jantung.

7. Avokad
Buah berdaging lembut satu ini membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan LDL. Selain itu avokad membantu menyerap kolesterol buruk yang ada di tubuh.