Sukses

8 Bahan Alami yang Ampuh Obati Endometriosis

Liputan6.com, Jakarta Penyakit endometriosis kini semakin banyak dialami oleh banyak wanita khususnya yang tinggal di wilayah perkotaan. Memang ada banyak metode pengobatan untuk penyakit yang satu ini.

Namun, jika dilihat untuk jangka panjangnya, pengobatan secara alami tentu lebih baik untuk kesehatan Anda.

Endometriosis sendiri merupakan suatu kondisi dimana jaringan yang melapisi bagian dalam rahim atau endometrium mulai tumbuh di luar rahim.

Sayangnya, sebagian wanita tidak merasakan sakit apa pun sehingga tak sedikit yang baru mengetahui setelah menjalani pemeriksaan rahim.

Tak hanya wanita di usia dewasa yang mengalami penyakit ini. Endometriosis bisa menyerang remaja wanita muda di usia 16 tahun.

Ada 8 obat-obatan alami yang bisa dibuat sendiri di rumah dan dikenal ampuh mengatasi endometriosis seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (12/9/2016):

1. Jahe

Jahe adalah salah satu obat terbaik yang mengandung anti peradangan. Ambil sedikit potongan jahe, parut dan masak hingga mendidih. Biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu, aduk dan minum 2-3 kali sehari.

2. Castor oil

Castor oil atau minyak jarak diketahui efektif mengobati endometriosis. Caranya, celupkan kain bersih dalam minyak jarak. Buat kain tersebut panas kemudian kompres ke perut bagian bawah selama 20-30 menit. Ini bisa membantu menurunkan gejala endometriosis.

3. Flaxseed

Sering dikenal dengan benih lenan yang memiliki sifat antioksidan dan kandungan asam lemak Omega-3. Biji rami ini bermanfaat untuk mengobati endometriosis dan membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh. 

2 dari 2 halaman

Kunyit

4. Kunyit

Isi kurkumin dalam kunyit dikenal memiliki manfaat antiperadangan dan membantu mengobati endometriosis. Tambahkan satu sendok teh kunyit ke air mendidih, tambahkan bubuk jahe, satu sendok teh madu dan perasan lemon. Minum sekali sehari.

5. Chamomile

Chamomile juga dikenal mampu mengurangi peradangan yang memicu endometriosis. Anda bisa konsumsi chamomile bubuk bersamaan dengan teh dan minum 2-3 kali sehari.

6. Biji adas

Bahan ini mampu memberikan bantuan untuk mengatasi endometriosis. Cobalah ambil beberapa biji adas dalam kain bersih, gosok dan cium aromanya. Atau bisa juga dengan merebus satu sendok teh biji adas dan minum seperti teh.

7. Brokoli

Sayuran yang satu ini mengandung senyawa yang disebut indoles. Ini membantu untuk meningkatkan metabolisme estrogen sehingga bisa membantu mengendalikan kondisi endometriosis.

8. Minyak ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak Omega-3. Komponen dalam minyak ikan membantu mencegah pertumbuhan sel-sel endometrium. Untuk hasil terbaik, minum satu sendok teh minyak ikan setiap pagi dan sore hari.

(Aluna Swara)