Sukses

Pembesaran Prostat Gara-Gara Seks, Apa Iya?

Masyarakat sering mengatakan pembesaran prostat pada pria gara-gara hubungan seksual yang kurang maupun berlebih, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat sering mengatakan pembesaran prostat pada pria gara-gara hubungan seks yang kurang maupun berlebihan. Pendapat ini pun ditepis dokter spesialis urologi RS Premier Bintaro, Gideon Tampubulon.

"Mitos kalau pembesaran prostat gara-gara aktivitas seks," katanya saat diskusi "Penanganan Terkini Penyakit Pembesaran Prostat" di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

"Baik pria yang jarang maupun sering berhubungan seksual potensinya sama," kata dokter Gideon.

Pembesaran kelenjar prostat merupakan hal yang umum terjadi seiring bertambahnya usia pria. Ini sama halnya rambut yang memutih atau menggunakan kacamata plus saat sudah tua. Dengan begitu, jelas bahwa pembesaran prostat bukan karena aktivitas seksual.

"Ada yang berpikir kalau jarang berhubungan seksual bikin prostat membesar. Tapi sudah hampir 15 tahun (jadi dokter) baru punya dua pasien pastur. Kalau misal gara-gara tidak berhubungan seks prostat membesar, wah mungkin pasien pastur saya sudah banyak," tuturnya yang langsung disambut tawa peserta diskusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.