Sukses

5 Cara Atasi Insomnia

Tidur merupakan pekerjaan yang paling mudah tapi mengapa orang bisa susah tidur?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang mengeluh susah tidur. Padahal, tidur merupakan pekerjaan yang paling mudah tapi mengapa orang bisa susah tidur?

Bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur disebut insomnia, yang merupakan gangguan tidur bagi seseorang di waktu tertentu. Dan gangguan ini disebabkan oleh penyakit Faral farmilial Insomnia termasuk penyakit yang dipicu oleh prion.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba bagi penderita insomnia agar dapat tidur dengan baik, dilansir laman Webmd, Senin (29/8/2016).

1. Matikan cahaya

Cahaya biru lembut dari ponsel, tablet, atau jam digital di meja samping tempat tidur mungkin menjadi salah satu penyebab Anda tak bisa tidur. Cobalah matikan sumber cahaya dalam kamar satu jam sebelum tidur.

2. Hati-hati tidur siang

Beristirahat malam hari lebih baik. Namun jika Anda tak bisa terlelap hingga matahari terbit, tidur sianglah lebih awal minimal 20 menit.

Dengan kondisi seperti itu biasanya Anda kehabisan energi di sore hari. Untuk mengatasinya, berjalan santailah, dan minum segelas air es. Bisa juga dengan menelepon seorang teman.

3. Blok jam Anda

Apakah Anda terbangun beberapa kali saat tidur di malam hari dan langsung melirik jam? Itu bisa membuat Anda berpikir tentang hari yang akan datang, dan Anda tak dapat tidur kembali.

Agar bisa tenang saat tidur malam, masukan jam alarm di laci, atau di bawah tempat tidur. Anda juga bisa menyingkirkannya dari pandangan.

4. Cobalah letakkan bantal di kaki 

Punggung bawah Anda mungkin cukup membangunkan Anda karena rasa sakit ringan yang mengganggu ketenangan tidur Anda. Letakkan bantal di antara kaki untuk menyelaraskan pinggul.

Jika Anda tidur telentang, selipkan bantal di bawah lutut untuk meringankan rasa sakit.

5. Kamar untuk tidur dan bercinta

Buatlah kamar tidur Anda terasa sesantai mungkin. Jangan duduk di tempat tidur saat bekerja, nonton TV atau bermain internet. Suhu terbaik saat tidur adalah 68-72 derajat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.