Sukses

Pakar Ungkap 4 Bahan Alami Terbukti Atasi Jerawat

Penggunaan obat jerawat seringkali dihindari oleh banyak orang. Sebagian dari mereka takut efek sampingnya.

Liputan6.com, New York- Penggunaan obat jerawat seringkali dihindari oleh banyak orang. Sebagian dari mereka takut efek sampingnya sehingga memilih bahan-bahan alami untuk atasi jerawat. Tapi Anda sudah yakin bahan-bahan alami yang digunakan tepat atasi jerawat?

Berikut empat bahan alami yang menurut pakar dermatolog memiliki khasiat atasi jerawat seperti dikutip laman Prevention, Selasa (16/8/2016).

1. Ekstrak teh hijau

Mengonsumsi teh hijau memberikan aneka manfaat baik bagi tubuh. Namun mengaplikasikan ekstrak teh hijau pada wajah juga bisa mengatasi jerawat bandel.

"Mengompres jerawat dengan ekstrak teh hijau mampu mengurangi peradangan dan produksi minyak," kata dermatolog asal Los Angeles, Amerika Serikat, Jessica Wu.

Menggunakan teh hijau juga bisa. Caranya, seduh teh hijau, kemudian dinginkan. Setelah dingin, celupkan kain tipis lembut pada area wajah berjerawat selama 1-2 menit. Lakukan 4-5 kali setiap sesi. Lakukan beberapa kali pada malam hari selama beberapa minggu untuk agar terlihat hasilnya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami atasi sunburn, namun bisa juga untuk mengatasi peradangan seperti pada jerawat seperti diungkapkan dokter spesialis kulit dari Illinois, Robert Polisky.

Dalam lidah buaya terdapat aloin dan aloesin, dua komponen antiperadangan yang mampu berperan mengurangi peradangan. Belum ada studi menunjukkan apakah kehadiran lidah buaya dalam krim dan losion tetap aktif. Sehingga Polisky merekomendasikan mengaplikasikan penggunaan dari bahan alami.

Pastikan sebelum mengaplikasikan gel dari tanaman lidah buaya itu wajah dalam kondisi bersih.

3. Masker mengandung sulfur

Sulfur alias belerang berbau tak sedap ini memang mampu berperan sebagai antibakteri. Mengaplikasikan masker mengandung sulfur yang ada di apotek maupun toko obat bisa membantu meredakan jerawat. Namun perlu diingat, masker mengandung sulfur bisa mengeringkan kulit, sehingga sesudahnya jangan lupa aplikasikan dengan pelembap.

4. Clay mask

Masker jenis clay mask biasanya ditemukan di toko-toko kecantikan maupun drugstore. Kehebatan masker ini adalah mampu mengangkat minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori seperti dituturkan dermatolog asal Connecticut, Amerika Serikat, Alicia Zalka.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.