Sukses

Waspada, Gejala Sebelum Serangan Jantung Ini Sering Diabaikan

Jangan abai tanda awal serangan jantung seperti rasa tidak enak di dada, keringat dingin, ataupun seperti merasakan pingsan sebentar.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi bersuara lembut Mike Mohede (32) meninggal dunia pada Minggu, 31 Juli 2016, masih meninggalkan rasa kaget pada banyak orang. Jebolan Indonesian Idol ini dikabarkan meninggal karena serangan jantung.

Jika benar Mike meninggal karena serangan jantung sebenarnya ada tanda-tanda awal (warning signs) sebelumnya. Hanya saja bisa jadi diabaikan karena hilang muncul atau pun gejalanya mirip dengan penyakit lain.

"Terkena serangan jantung saat tidur ya bisa. Sebenarnya sebelumnya sudah ada warning sign cuma abai saja. Warning sign ini perlu diwaspadai terlebih bila orang tersebut ada faktor risiko (terkena serangan jantung)," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Santoso Karo Karo Saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Senin (1/8/2016).

Tanda-tanda awal sebelum serangan jantung bisa beragam. Menurut dokter Karo, yang sering terjadi adalah rasa tidak enak di dada yang datang lalu hilang kemudian muncul lagi, lalu bisa juga keringat dingin. Bisa juga muncul perasaan seperti pingsan sebentar yang kemudian sadar kembali.

"Jarak antara warning sign ke serangan jantung tidak menentu bisa satu jam kemudian, satu hari kemudian juga bisa," kata dokter Karo.

Untuk memastikan itu warning sign serangan jantung atau bukan sebaiknya segera ke IGD untuk menjalani pemeriksaan. "Bila dokter mencurigai (serangan jantung) akan dilakukan observasi," tandas dokter Karo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.