Sukses

Begini Tindakan Medis pada Kanker Prostat Stadium Awal

Ketika Anda didiagnosa memiliki kanker prostat dan dokter telah mengindikasikan bahwa kanker Anda tampaknya belum menyebar keluar kelenjar

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda didiagnosis memiliki kanker prostat dan dokter telah mengindikasikan bahwa kanker Anda tampaknya belum menyebar keluar kelenjar prostat. Sebenarnya, ada pengobatan selain menggunakan obat-obatan herbal.

Perawatan ini mencakup berbagai pendekatan dan memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap harapan hidup. Perawatan atau pengobatan ini dikenal sebagai penanganan klinis lokal kanker prostat.

Menurut the U.S Department of Health and Human Services, sekitar 90 persen pria dengan kanker prostat yang telah melakukan penanganan ini, biasanya berisiko rendah, artinya pasien dapat berharap untuk hidup yang lebih lama setelah mereka didiagnosis.

Jika Anda telah didiagnosis dengan kanker prostat yang masih awal dan memiliki risiko yang rendah, Anda mungkin akan diberikan sejumlah pilihan pengobatan yang berbeda seperti dilansir dari Verywell, Kamis (14/7/2016):

1. Pengawasan aktif

Dokter mungkin ingin memantau penyakit Anda untuk melihat apakah Anda memerlukan pengobatan. Dengan pengawasan yang aktif, Anda akan melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter. Selain itu dokter mungkin dapat melakukan biopsi secara teratur.

2. Menunggu namun tetap waspada

Biasanya tes yang dilakukan lebih sedikit. Namun Anda tetap mengunjungi dokter secara teratur untuk mengetahui perubahan pada penyakit Anda. Tetapi di sini, dokter akan mendiskusikan perubahan pada kesehatan Anda yang berhubungan untuk mengelola gejala yang dirasakan, bukan menyembuhkan penyakit Anda.

3. Prostatektomi

Prostatektomi merupakan pengobatan yang dilakukan untuk menghilangkan prostat dan memiliki kemungkinan yang kuat untuk menghilangkan kanker Anda. Namun, prosedur ini dapat menyebabkan masalah lain, seperti misalnya kemungkinan Anda akan kehilangan kontrol kandung kemih setelah operasi. Selain itu juga ada kemungkinan Anda akan kehilangan kemampuan untuk ereksi setelah operasi.

4. Radiasi

Dokter Anda mungkin akan menyarankan radiasi sebagai sarana terapi yang menargetkan tumor. Pengobatan ini biasanya dilakukan setiap hari di rumah sakit atau klinik selama beberapa minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini