Sukses

2 Cara Alami Atasi Gatal Tenggorokan

Dua cara alami ini dapat menenangkan tenggorokan dari rasa sakit, gatal, dan kering.

Liputan6.com, Jakarta Mengatasi tenggorokan kering dan gatal bukan hanya dapat diatasi dengan pengobatan medis saja. Bahkan seorang pakar kedokteran memberikan resep rahasia ramuan alami untuk mengatasi permasalahan tenggorokan yang lebih efektif.

Melansir laman Prevention, ditulis Jumat (8/7/2016), Benjamin Asher, MD, PC, dari Committee on Complementary and Integrative Medicine American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, mengatakan, "Pengobatan alami benar-benar obat terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan."

Berikut tiga cara alami yang disarankan oleh Asher untuk mengatasi rasa gatal dan sakit tenggorokan dengan mudah--yang dapat diramu sendiri di rumah.

Cara 1

Satu sendok makan madu yang dicampur air hangat dan lemon merupakan ramuan alami yang cukup efektif untuk mengatasi permasalahan tenggorokan. Bahkan Asher menambahkan, ramuan alami ini juga dapat menenangkan tenggorokan dari iritasi.

Cara 2

Berkumur dengan air garam adalah solusi dalam membantu mengurangi gatal tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi seperti udara atau alergi.

Dalam sebuah studi India menemukan bahwa campuran licorice dapat digunakan sebagai minuman atau sebagai obat kumur untuk mengatasi segala masalah tenggorokan.

Asher menambahkan bahwa berkumur dengan cuka sari apel organik yang mengandung licorice menjadi pengobatan yang efektif juga.

"Ramuan ini sepertinya akan membersihkan area tenggorokan," katanya.

Selain pengobatan, Asher pun memberikan cara pencegahan alami untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi atau infeksi virus dengan cara mengatur tempat tidur atau bantal sedikit lebih tinggi.

Asher pun mengingatkan untuk tidak mengabaikan sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari seminggu yang memungkinkan masalah tenggorokan menjadi kronis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini