Sukses

3 Fakta dan Mitos tentang Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar kalimat-kalimat seperti minuman alkohol membunuh sel-sel otak atau pakai topi jika kaki Anda dingin?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar kalimat seperti minuman alkohol membunuh sel-sel otak atau pakai topi jika kaki Anda dingin? 

Jika jawabannya ya atau pernah, kalimat tersebut merupakan kata-kata bijak yang telah dikutip bertahun-tahun. Namun, berapa banyak yang benar?

Pengarang dan penulis New York Times, Anahad O’Cnnor, melakukan misi untuk mengetahuinya. Dalam buku barunya Never Shower in a Thunderstorm Times Books), O’Connor memisahkan fakta dan mitos dari kata-kata bijak tersebut, seperti yang dilansir dari lifescript, Selasa (28/6/2016):

1. Otot berubah menjadi lemak jika Anda tidak menggunakannya? (Salah!)

Otot dan lemak adalah dua jaringan tubuh yang berbeda dan tidak mungkin mengkonversi satu sama lain. Ketika Anda berhenti berolahraga, otot menyusut dan memungkinkan lemak untuk memasuki tempat otot berada.

Orang berhenti berolahraga yang cenderung mengonsumsi jumlah kalori sama ketika mereka berolahraga dulu. Namun berat badan naik itu karena sedikit kalori yang dikeluarkan.

2. Wanita lebih cepat mabuk ketimbang pria? (Benar!)

Tubuh wanita memiliki persentase air yang lebih rendah daripada pria. Oleh karena itu, konsentrasi yang terdapat dalam alkohol cepat untuk membuat wanita mabuk. Selain itu, perut wanita tidak efisien seperti pria dalam mencerna alkohol.

3. Secangkir teh hijau dapat turunkan berat badan? (Salah!)

Teh hijau mengandung catechin dan senyawa dengan sifat antioksidan yang seharusnya mempercepat metabolisme dan membantu Anda membakar lemak. Sayangnya, tingkat yang teh hasilkan sangat kecil untuk mendorong penurunan berat badan secara signifikan.

Namun, jika Anda mengonsumsi ekstrak teh hijau yang berisi 690 miligram catechin, yang merupakan 20 kali lebih besar daripada jumlah teh hijau biasanya, maka Anda akan melihat berat badan yang turun secara signifikan. Jadi, jika Anda hanya meminum satu atau dua cangkir teh hijau sehari, hal tersebut tidak akan membuat perubahan yang berarti pada berat badan Anda.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

http://ramadhan.liputan6.com/?utm_source=Direct&utm_medium=ContentPromotion&utm_campaign=Ramadan_Festival

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini