Sukses

Cairan yang Harus Diasup Tubuh Tak Hanya dari Air Minum

Liputan6.com, Jakarta - Cairan yang dibutuhkan tubuh tak hanya datang dari air minum yang diasup, melainkan juga buah, sayur, dan makanan yang dikonsumsi sehari-hari yang juga mengandung banyak air. Namun, banyak orang percaya minum delapan gelas air mineral setiap hari bisa menyehatkan.

Para ilmuwan sendiri menyebutkan bahwa hal itu sebagai mitos. Mengutip laman Brightside.me, Jumat (10/06/2016), Aaron E. Carroll seorang profesor pediatri dari Indiana University School of Medicine mengatakan bahwa tak ada bukti ilmiah bahwa setiap orang wajib menjalani paham tersebut.

Sembilan tahun yang lalu BMJ, sebuah jurnal medis menerbitkan daftar medis dan kesehatan yang tengah berkembang luas di masyarakat, yang juga dipercayai oleh sebagian dokter perihal konsumsi air delapan gelas per hari.

Tak lama jurnal tersebut keluar, beberapa ilmuwan pun meluncurkan sebuah buku yang mematahkan paham tersebut adalah gagasan palsu.

Dalam buku tersebut para ilmuwan berkata bahwa kebutuhan air setiap individu berbeda-beda. Disebutkan pula mengonsumsi air terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pada ginjal. Penulis buku tersebut pun mengingatkan, tubuh harus segera menerima air mineral saat tubuh terserang sakit, sedang melakukan aktivitas fisik yang berat atau intens, dan ketika tubuh mengeluarkan keringat berlebih.

"Anda tidak perlu minum jika tak merasa haus. Minumlah ketika Anda ingin minum dan merasa haus--dan berhenti berpikir bahwa delapan gelas air sehari adalah hal yang wajib." ingatnya.