Sukses

4 Cara Menenangkan Anak yang Takut Disuntik

Anak kecil biasanya takut disuntik dan tak jarang menangis ketakutan. Tenangkan mereka dengan empat cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Jarum suntik menjadi momok menakutkan bagi anak-anak. Namun dalam kehidupan anak pasti ada momen mendapat suntikan. Dan tugas orangtua untuk menenangkan anak bila nampak ketakutan.

Berikut beberapa hal yang perlu orangtua lakukan saat anak merasa takut dengan jarum suntik. Selengkapnya melansir laman Parents, Selasa (24/5/2016).

1. Katakan yang sebenarnya

Bila anak bertanya apakah ia akan disuntik atau tidak, jangan mengelabui mereka. "Pastikan mereka tahu bahwa dengan suntikan tersebut menjaga mereka dan bukan sebuah hukuman," tutur Kepala Section of Infectious Diseases for the American Academy of Pediatrics, Margaret Fisher.

Katakan bahwa nanti akan sedikit sakit tapi hanya beberpa detik. Dan pastikan, ketika selesai tunjukkan wajah bahagia bahwa proses ini sudah selesai.

2. Tak perlu beritahu jauh-jauh hari

Mengatakan apa yang nanti dilakukan boleh tapi jangan jauh-jauh hari. "Jika mengatakan kepada mereka akan disuntik, bisa saja merusak mood mereka dalam seminggu ke depan," tutur penasehat majalah Parents, dokter Ari Brown.

3. Sebelum disuntik buat ia rileks

Sebelum disuntik, pecah fokusnya dengan bermain-main, mengajaknya untuk bernyanyi, menceritakan cerita lucu. Sehingga pada saat disuntik tidak terlalu kaget.

4. Tahu kapan harus pergi

Bila anak berteriak histeris, biarkan suster atau dokter yang menenangkan. Namun pastikan kita berada dekat mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini