Sukses

Sehatnya Berendam di Air Hangat

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk melepaskan ketegangan setelah seharian melakukan pekerjaan. Mulai dari duduk bersantai ditemani musik mendayu-dayu atau membaca buku dengan tenang di kamar tidur.

Seperti dikutip laman Arthritis Foundation, ditulis Selasa (17/05/3016) berendam dalam air hangat juga dapat menjadi cara baik untuk relaksasi. Bukan hanya relaks yang didapatkan, terlebih berendam dalam air hangat ialah sebuah terapi untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh dengan efektif.

"Peneliti telah menunjukkan terapi air hangat membuat tubuh manusia menjadi lebih baik. Terapi air hangat membuat sendi-sendi yang tegang menjadi longgar bahkan mampu mengurangi rasa sakit yang memiliki efek baik jangka panjang," ungkap Bruce E. Becker, MD, selaku direktur National Aquatics & Sport Medicine Institute, Washington State University, Spokane.

Saat berada di dalam air hangat, hal ini akan mengurangi gaya gravitasi yang menekan sendi-sendi pada tubuh. Selain itu mampu menurunkan pembengkakan dan peradangan, akibat meningkatnya sirkulasi darah.

Becker mengatakan waktu yang ideal untuk berendam dalam air hangat ialah selama 20 menit. Juga pastikan mengonsumsi air mineral sebelum berendam dan setelahnya, untuk mencegah dehidrasi yang dirasakan tubuh.