Sukses

Tak Ingin Mudah Lupa? Jangan Gemuk

Orang gemuk, daya ingatnya lebih rendah 15 persen dibanding yang memiliki berat badan normal.

Liputan6.com, New York- Ketika seseorang memiliki berat badan gemuk maupun obesitas hal tersebut tidak hanya berpengaruh pada tampilan fisik dan aneka risiko penyakit yang mengintai, tapi juga ingatan. Berdasarkan studi dari University of Cambridge, orang yang memiliki indeks massa tubuh (body mass index disingkat BMI) di atas normal bisa terganggu daya ingatnya.

Dalam studi ini mereka yang memiliki berat badan berlebih (BMI lebih dari 25) memiliki daya ingat 15 persen lebih rendah dibanding orang yang memiliki berat badan normal.

Sebenarnya para peneliti tidak yakin apa hubungan antara BMI yang tinggi terhadap performa otak. Namun mereka meyakini kandungan lemak dalam tubuh jadi penyebab utama seperti tertulis dalam laman Men's Health, Senin (21/3/2016).

"Sepertinya lemak memengaruhi kadar hormon insulin," terang pemimpin penelitian Lucy Cheke, PhD.

Terlalu banyak lonjakan lemak dalam tubuh membuat hormon insulin ini tak terkontrol yang kemudian mengganggu sinyal antara neuron yang ada di otak. Ketika proses ini terganggu, kemampuan kognitif terkena dampaknya, dalam hal ini kemampuan ingatan Anda seperti diterangkan Cheke.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini