Sukses

15 Tips Hemat Melepas Stres di Akhir Minggu

Agar tak terjebak pada rasa bosan dan penat berkepanjangan di akhir minggu, tak ada salahnya Anda mencoba 15 tips mudah ini

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas harian dan padatnya jadwal pekerjaan bisa menguras energi Anda. Tidak heran bila sering kali Anda enggan berkegiatan di akhir minggu. Bila dibiarkan, hal tersebut juga bisa memicu kebosanan. Padahal akhir minggu adalah waktu yang tepat untuk melepas penat, memanjakan diri, dan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Agar tak terjebak pada rasa bosan dan penat berkepanjangan di akhir minggu, tak ada salahnya Anda mencoba 15 tips mudah ini, dikutip dari laman Popsugar, Minggu (20/3/2016):

1. Keluar rumah

Ya, berada di luar rumah baik untuk kesehatan mata Anda, mencegah dari myopia (terutama jika Anda selalu berada di depan monitor komputer). Berada di ruang terbuka juga membuat Anda mendapat asupan vitamin D. Cobalah melakukan petualangan di ruang terbuka seperti hiking, berolahraga di taman, bersepeda, atau berolahraga air.

2. Daftar kelas kebugaran

Bila Anda telah mengeluarkan sejumlah uang untuk mendaftar kelas kebugaran, kecil kemungkinannya Anda akan melewatkannya begitu saja. Mulailah gerakkan tubuh dan jadi bugar.

3. Minum lebih banyak air

Isi botol minum favorit Anda dan minum secara teratur. Mendapat cukup asupan air baik untuk meningkatkan metabolisme, membantu program penurunan berat badan, meningkatkan energi, dan membuat kulit kinclong.

4. Matikan gawai

Mematikan ponsel pintar dan gawai lainnya membantu Anda melepas stres.

5. Makan teratur

Akhir minggu juga waktunya Anda memperbaiki pola makan yang berantakan selama seminggu kemarin.

6. Cukup tidur

Jika dalam Anda mengalami kurang tidur lima hari dalam sepekan karena berbagai alasan, akhir minggu adalah waktunya Anda "membalas dendam". Penuhi kebutuhan tidur Anda karena itu akan membantu menurunkan berat badan, meningkatkan energi serta mood dan keseluruhan kesehatan Anda.

7. Hirup wewangian

Menghirup wewangian dari beberapa minyak esensial seperti lavender atau mint bisa membuat tubuh lebih rileks.

8. Bergerak

Coba lakukan beberapa gerakan ringan untuk membantu tubuh tetap aktif.

9. Nikmati teh

Secangkir teh hijau atau matcha latte mengandung sejumlah magnesium, vitamin B, dan L-theanin yang mampu mengusir stres. Segera seruput teh hangat Anda!

10. Berbenah

Anda bisa mengisi akhir minggu dengan membenahi rumah, menyingkirkan gundukan barang yang selama ini tanpa disadari menjadi penyebab stres. Anda juga bisa mempersiapkan bekal sehat untuk esok hari.

11. Mencoba olahraga baru

Penelitian membuktikan, latihan tubuh tak hanya baik bagi kesehatan raga melainkan juga bagus untuk otak.

12. Meditasi

Luangkan waktu untuk melakukan meditasi dan menjernihkan pikiran dari kesibukan harian.

13. Tentukan tujuan baru

Tentukan target baru dan mulailah susun rencana untuk mewujudkannya, entah itu berupa rencana liburan atau lari maraton.

14. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang menyenangkan sambil lari ampuh menurunkan stres.

15. Lakukan peregangan

Tubuh terasa kaku? Akhir minggu adalah waktu yang tepat untuk melakukan peregangan tanpa khawatir diburu waktu. Anda bisa mulai dengan gerakan yoga sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.