Sukses

Ponsel Pintar Bisa Bikin Aktif? Ini Caranya

Liputan6.com, New York- Kehadiran ponsel pintar alias smartphone sering dikaitkan dengan gaya hidup rendah aktivitas fisik. Namun jika dimanfaatkan secara baik, kehadiran ponsel pintar yang memiliki aplikasi olahraga bisa meningkatkan aktivitas fisik.

Hal ini diketahui setelah dilakukan eksperimen selama tujuh hari menggunakan accelerometer (fitness tracker) yang berfungsi melacak gerak tubuh mereka. Pada salah satu grup, notifikasi di ponsel mereka diaktifkan sehingga akan muncul pengingat kapan berdiri dan berjalan kaki, serta sedikit duduk. Sementara kelompok lain dalam ponselnya tidak diberikan notifikasi tersebut.

Hasilnya, pada partisipan yang dalam ponsel mereka ditampilkan notifikasi jumlah gerak mereka lebih banyak tiga persen dibandingkan grup satunya.

"Secara keseluruhan, kehadiran aplikasi dalam smartphone membantu seseorang jadi aktif bergerak," tulis peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Internet Research.

Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh di ponsel pintar Anda. Seperti dikutip laman Glamour, Senin (22/1/2016). Bagi pengguna iPhone ada aplikasi StandApp yang mengingatkan untuk bergerak satu jam sekali. Lalu bagi pengguna Android bisa menjajal Twenty, yang menyarankan bergerak setiap 20 menit sekali.