Sukses

5 Makanan Ini Bantu BAB Jadi Lancar

Liputan6.com, New York- Susah buang air besar (BAB) itu bisa membuat perut jadi tak nyaman, suasana hati jadi tak enak, hingga menurunkan energi kita. Namun sebelum mengonsumsi suplemen yang bisa membuat BAB jadi lancar alangkah baiknya mencoba konsumsi makanan tertentu seperti diungkapkan dokter Molly Morgan yang merupakan penulis buku Drink Your Way to Gut Health.

Berikut daftar lima makanan dan minuman yang membantu BAB jadi lebih lancar seperti dikutip laman Prevention, Rabu (20/1/2016).

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah kaya Vitamin C yang mampu melunakkan feses dan kaya serat. Selain itu ada di dalam jeruk terdapat naringenin yang mampu bekerja seperti pencahar.

2. Air

"Menjaga tubuh terus terhidrasi membantu kotoran bergerak," terang Morgan. Tanpa cukup air, feses jadi keras dan lambat bergerak untuk keluar. Jadi tak heran bila tubuh yang kekurangan air jadi sembelit.

3. Almond

Kacang-kacangan yang satu ini mengandung lemak baik, protein, serat. Selain itu kaya magnesium yang membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar.

4. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau seperti bayam, sawi, dan kale kaya nutrisi serta serat yang memberikan kekuatan feses untuk keluar. Selain itu magnesium di dalam sayuran hijau membantu pergerakan di usus.

5. Kopi

Bagi sebagian orang, usai minum kopi membuat mereka ingin buang air besar. Bahkan menurut studi, sekitar 30 persen orang akan ke kamar mandi usai minum kopi. Para ahli yakin hal tersebut disebabkan kandungan asam yang terdapat dalam kopi.

Selain itu, coba juga minuman hangat seperti air putih hangat atau teh hangat. Meski belum ada penelitian, pada banyak orang mengonsumsi minuman hangat mampu membuat mereka ingin buang air besar.

Loading