Sukses

6 Hal Ini Bermanfaat untuk Pertajam Memori Otak

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin memiliki ingatan tajam dan pikiran yang sehat? Selain dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan kesehatan otak, ada hal-hal kecil yang dapat dilakukan setiap hari untuk membuat pikiran dan memori semakin tajam.

Seperti dikutip dari The Grindstone, Selasa (12/1/2016), keenam aktivitas yang menyenangkan ini bisa membantu mempertajam pikiran dan memori seseorang secara bertahap dan dapat dilakukan sehari-hari.

1. Memperbanyak membaca
Membaca buku, majalah, web online, atau sekadar membaca aturan pakai yang tertera di belakang botol sabun saat sedang di toilet, dapat membantu seseorang menjadi lebih pintar. Dengan membaca, seseorang mendapatkan informasi baru yang dapat dipakai atau disebarluaskan kepada orang sekitar.

2. Mendengarkan instrumen atau musik
Studi menunjukkan, mendengarkan musik secara langsung dari alat musik atau sekadar mendengarkan lagu dari telepon genggam Anda tidak hanya dapat menambah wawasan seputar musik, melainkan juga meningkatkan kapasitas memori seseorang.

2 dari 2 halaman

Main games hingga memasak

3. Games asah otak
Permainan asah otak seperti teka-teki silang, sudoku, jumble, dan sejumlah permainan yang mengandung ilmu pengetahuan dapat mengasah pikiran seseorang semakin tajam. Selain itu, permainan tersebut dapat meningkatkan kosakata.

4. Membuat jurnal
Menulis tak harus berisikan curhatan seperti yang sering dilakukan para remaja saat pertumbuhannya. Dengan cara menulis sebuah jurnal berisikan konten atau tema apa pun berguna meningkatkan keterampilan seseorang dalam kosakata bahasa atau keterampilan berkomunikasi.

5. Berolahraga
Pada umumnya hidup dengan menjaga pola makan diiringi olahraga membuat tubuh tetap sehat. Tubuh sehat tentu pikiran pun sehat. Tak hanya itu, tubuh sehat juga akan meningkatkan koordinasi dan respons pikiran seseorang.

6. Memasak
Studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur memasak cenderung lebih kreatif, lebih baik untuk melakukan multitasking, dan lebih teliti terhadap sesuatu hal.*

Loading