Sukses

6 Manfaat Tidur yang Cukup untuk Kebaikan Tubuh dan Otak

Liputan6.com, Jakarta National Sleep Foundation merekomdensikan tidur 7 sampai 9 jam setiap malam.

Hal itu bermanfaat untuk esok hari dan mendapatkan istirahat yang tepat di malam hari. Selain itu tidur yang cukup akan bermanfaat untuk otak Anda.

Seperti yang dilansir Huffington Post, Selasa (5/1/2016), ada 6 manfaat untuk tubuh dan otak dengan mendapatkan tidur yang cukup.

1. Tidur meningkatkan kesehatan mental

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan gejala depresi pada seseorang. Namun terlalu sedikit mendapatkan tidur juga dapat meningkatkan kondisi mudah stres dan khawatir yang tinggi dalam menjalani hari.

Jika Anda sudah terhanyut dengan hal tersebut, cobalah untuk melakukan meditasi atau sekadar menuliskan pengalaman Anda di sebuah jurnal untuk membantu pikiran Anda dan mendapatkan masukan dari orang lain. 

2. Bantu mempertajam memori

Tidur dengan tepat dan cukup dapat meningkatkan kekuatan ingatan seseorang, serta berguna untuk melawan penuaan otak secara dini.

3. Memperbaiki suasana hati

Kemarahan emosional sering terjadi tanpa disadari saat seseorang merasa lapar. Sebuah studi pada September 2105 menemukan bahwa kekurangan tidur dapat membuat seseorang kesulitan untuk mengatur emosinya.

2 dari 2 halaman

Bantu Fokus dan Bersihkan Pikiran Buruk

4. Membantu mengambil keputusan

Para ilmuwan menemukan bahwa pikiran bawah sadar dapat membantu seseorang untuk mengambil keputusan lebih baik. Karena kelelahan dan kurang tidur dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan seseorang terhambat.

5. Menjadi lebih fokus

Studi menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat membantu seseorang untuk tetap tajam dan waspada selama menjalani kegiatan setiap harinya. Bahkan tidur siang mampu mengelola seseorang untuk meningkatkan fokus terhadap pembelajaran serta kemampuan memecahkan masalah.

6. Tidur bantu membersihkan pikiran

Seperti sampah di dalam rumah yang selalu dibersihkan dan dibuang keluar, maka sampah di pikiran Anda pun harus dibuang dengan tidur yang cukup.

Ilmu saraf menunjukkan bahwa otak manusia harus dibersihkan dari sampah yang berarti pikiran buruk yang menumpuk di dalam otak. Dengan tidur, seseorang akan mendapatkan waktu yang lebih baik saat menjalani hari berikutnya.*

Loading
Artikel Selanjutnya
Terkait Formula E, Jakpro Targetkan Pengaspalan di Monas Selesai 1 Bulan
Artikel Selanjutnya
Harga Sewa Kantor Premium di Jakarta Masuk Peringkat Termahal di Dunia