Sukses

8 Cara Sederhana Jaga Ketajaman Otak

Ada beberapa cara untuk meningkatkan daya otak kita.

Liputan6.com, Jakarta Semakin bertambahnya usia, kinerja otak pun semakin menurun. Otak kita tak "setajam" dulu lagi. Ini adalah hal normal yang akan dialami setiap orang. Tak bisakah hal ini disiasati?

Kabar baiknya studi terbaru menyatakan ada beberapa cara untuk meningkatkan daya otak kita, dilansir dari laman Indiatimes, Sabtu (26/12/2015):

1. Perhatikan pakaian

Terkadang penampilan menentukan segalanya. Beberapa studi psikologi menemukan, mengenakan pakaian yang lebih formal dari biasanya mendorong orang untuk berpikir secara konseptual.

Contohnya Steve Jobs dan kaos turtleneck-nya. Ini artinya dia lebih memikirkan ide secara keseluruhan ketimbang hanya fokus pada detail-detail kecil.

2. Jalan 2 mil sehari

Saat kita mengeksplorasi lingkungan, otak cenderung berada dalam kondisi neuroplastic, siap menyerap lebih banyak informasi.

Selain itu, latihan rutin seperti berjalan juga bermanfaat menurunkan risiko pikun di kemudian hari hingga 60 persen. 

3. Berhenti googling

Apakah internet membuat kita jadi bodoh? Semuanya tergantung dari bagaimana kita menggunakannya. Semakin mudah informasi didapat, semakin sulit untuk mengingatnya karena kita cenderung tak terlalu menggunakan otak saat dalam proses mendapatkannya.

Jadi ketimbang mencarinya di Google, pilih cara lain untuk memahami dan mempelajari topik baru seperti misalnya membaca buku-buku yang berkaitan dengan hal tersebut atau bertanya pada teman yang menguasai hal itu. Dengan demikian otak dan ingatan kita akan mengembangkan kemampuannya untuk menampung informasi lebih dalam. 

4. Belajar bahasa

Kita harus mengasah pikiran agar tetap tajam. Sebuah studi yang dilakukan peneliti Swedia menunjukkan, belajar sebuah bahasa baru setelah dewasa bisa mengembangkan hippocampus dan cerebral cortex, bagian otak yang dikaitkan dengan pikiran, ingatan, dan aksi.

5. Konsumsi zaitun dan kacang-kacangan

Diet Mediterania sering dikaitkan dengan tingginya kualitas hidup mereka yang menjalaninya. Sebuah studi pada tahun ini mendukung pendapat tersebut. Menurut studi, mengonsumsi zaitun dan kacang-kacangan yang kaya vitamin E membantu menjaga otak tetap sehat sepanjang hidup.

6. Berlatih yoga

Selain bisa membuat tubuh lebih lentur dan bugar, studi menunjukkan yoga juga bermanfaat meningkatkan ingatan. Sebuah studi tahun 2014 mengungkap yoga yang dimasukkan dalam kombinasi terapi mampu mengembalikan ingatan pada pasien Alzheimer.

7. Menjaga kualitas tidur

Banyaknya gawai berserakan di sekitar area tidur menyebabkan terganggunya kualitas tidur kita. Ini akan membuat otak tak bisa beristirahat dengan baik. Saat tidur sel-sel otak membuang racun yang memperlambat kinerja otak.

8. Hindari multitasking

Melakukan beberapa hal sekaligus tak lantas meningkatkan kinerja Anda. Membagi perhatian pada banyak hal membuat otak tak fokus. Sebaliknya, fokus melakukan satu hal dalam satu waktu malah lebih efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.