Sukses

Ketahui Ragam Penularan Virus Hepatitis A

Liputan6.com, Jakarta Kasus hepatitis A pada Oktober lalu menyerang 95 santri Darul Muttaqien di wilayah Parung, Bogor. Kemudian di awal Desember kembali ditemukan puluhan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) terinfeksi virus hepatitis A ini.

Untuk kejadian di IPB, tim penanggulangan penyebaran virus hepatitis A yang dibentuk IPB bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tengah menelusuri penyebab awal mewabahnya virus tersebut di kalangan mahasiswa.

Virus hepatitis A bisa menular melalui makanan dan minuman serta kontak langsung, seperti diungkapkan dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam dalam pesan elektronik ditulis Senin (14/12/2015).

Selain itu hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab tertular hepatitis A jika melakukan seksual secara anal atau oral, ia menambahkan.

"Virus ini (hepatitis A) terdapat pada feses pasien yang terinfeksi. Oleh karena itu, makanan dan minuman menjadi media utama penyebab penularan infeksi ini," tutur dokter Ari.

Namun virus ini tidak disebarkan oleh cairan tubuh lain, seperti air liur dan air seni seperti ditambahkan dari buku The Hepatitis Alphabet yang ditulis William Sievert dan kawan-kawan.

"Penularan virus Hepatitis A kemungkinan besar terjadi di antara anggota keluarga atau orang yang tinggal bersama misalnya dalam satu rumah atau kamar asrama," ungkap Sievert.

Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak tertular virus hepatitis A yaitu dengan menjalani gaya hidup sehat dengan makan teratur dan cukup gizi, istirahat cukup dan banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. "Cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet bisa mencegah agar tidak tertular hepatitis A," kata dokter Ari. (*)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS