Sukses

Gigi Seperti Elly Sugigi Bisa Terlihat Normal dengan Dua Prosedur

Liputan6.com, Jakarta Individu dengan kondisi gigi yang sama seperti Elly Sugigi dapat jalani dua jenis treatment jika ingin terlihat normal, ortodontik atau pembedahan rahang.

"Kalau perawatan ortodontik hanya bisa dilakukan kamuflase. Kalau mau lebih rapi, alami, dan terlihat normal, harus pembedahan rahang," kata dokter gigi dari Difa Oral Health Center (DOHC), Alveolie Gabriella kepada Health Liputan6.com, Jumat (6/11/2015)

Karena gigi maju atau biasa disebut tonggos terjadi secara alami sejak lahir, di mana yang maju sebenarnya adalah tulang bukan gigi, dianjurkan jalani pembedahan rahang. "Pembedahan rahang biar rahangnya mundur. Dan dibantu dengan ortodontik," kata Alveolie melanjutkan.

Masa penyembuhan dua treatment ini tidak sebentar, dan tentu butuh biaya yang tidak murah. Beda klinik, beda dokter, beda pula harganya. Bahkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum jalani prosedur pembedahan rahang ini.

"Kalau misalnya (usia pasien) di atas 45 tahun, biasanya medical check-up terlebih dahulu. Apakah dia punya gula, hipertensi, atau jantung. Kalau ada, dokter biasanya tidak akan menyarankannya," kata Alveolie.

Kalau hasil didapat seperti itu tapi pasien bersikeras tetap ingin melanjutkan pembedahan rahang, dokter akan memberikan antibiotik supaya infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh.

"Sedangkan sesudah pembedahan, biasanya harus minum obat, kontrol ke dokter gigi untuk lepas jahitan, dan melihat apakah kondisinya sudah normal atau belum," kata Alveolie menekankan.