Sukses

Iriana Jokowi Canangkan Aksi Waspada Cacingan

Pada umumnya infeksi cacingan menyerang anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Bunyi sirine yang dinyalakan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi Mufidah Kalla serta Ketua Umum PKK Pusat Erni Guntarti Kumolo jadi tanda dicanangkannya Gerakan Waspada Cacingan di hadapan ibu-ibu kader PKK dari Jakarta dan sekitarnya.

"Bersama ini saya canangkan Gerakan Waspada Cacingan'," tutur Iriana di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur pada Kamis (5/11/2015).

Dalam kesempatan itu ia mengingatkan agar gerakan waspada akan infeksi cacingan harus ditangani sampai tuntas, tentunya dengan dibantu oleh kader-kader PKK.

"Kita harus bergerak terus sampai tuntas (lawan cacingan)," tutur Iriana semangat.

Penyakit cacingan merupakan masalah kesehatan yang jadi ancaman bersama. Pada umumnya infeksi cacingan menyerang anak-anak.

Berdasarkan data Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkunan Kemenkes RI rata-rata prevalensi cacingan di Indonesia capai 28,12 persen, Namun angka ini kurang menggambarkan kondisi sebenarnya di banyak daerah. Ada beberapa daerah yang tingkat prevalensinya di atas 50 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.