Sukses

4 Cara Orang Gemuk Memulai Olahraga

Beban tubuh yang terlampau berat bisa picu cedera. Berikut caranya untuk terhindar.

Liputan6.com, New York- Bukan cuma makanan, olahraga juga penting untuk menurunkan berat badan. Namun bagi yang bertubuh gemuk terlebih obesitas beban tubuh yang terlampau berat picu cedera.

"Nyeri sendi dan kaki merupakan masalah umum pada orang obesitas saat berolahraga," terang ahli ortopedi dari Baltimore, Amerika Serikat, Stuart Miller yang sedang melakukan survei antara indeks massa tubuh dan rasa sakit di kaki dan pergelangan kaki.

Agar tak timbulkan masalah terbaru pada tubuh saat berolahraga pada orang obesitas, perhatikan empat hal berikut seperti dikutip laman Prevention, Selasa (3/11/2015).

1. Tak perlu langsung lama
"Awali dengan 10 menit setiap hari," tutur Miller. Ketika sudah nyaman, baru tambah durasi misalnya setengah jam setiap hari.

2. Olahraga kombinasi
Pilih olahraga yang tidak terlalu banyak memperberat kerja sendi seperti berenang dan bersepeda. Mengombinasikan olahraga keduanya selain mengurangi rasa jenuh juga bisa memberi perbedaan kerja sendi.

3. Peregangan
Peregangan adalah cara terbaik untuk menghindari rasa sakit pada tumit. Lakukan hal ini untuk mencegah ras asakit sebelum berolahraga.

4. Perhatikan sol sepatu
Saat berolahraga seperti jalan cepat, coba perhatikan sol sepatu yang digunakan. Pilih yang mampu mendistribusikan berat secara merata pada kaki sehingga mengurangi dampak cedera.

 

Baca Juga:

Catat, Hal Ini Pengaruhi Obesitas

Cegah Obesitas Pada Anak dengan Camilan Sehat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini