Sukses

Apakah Bayi Baru Lahir Tahu Kalau Disentuh?

Bayi baru ternyata tidak memahami asal sensasi sentuhan yang mereka rasakan.

Liputan6.com, Jakarta Bayi tidak benar-benar merasakan sensasi sentuhan dan menggelitik seperti yang orangtua pikirkan, sebut satu studi yang telah diterbitkan ke dalam Jurnal Cell Pres. Atau mungkin kata yang lebih tepat adalah, mereka tidak tahu kalau sensasi sentuhan yang mereka rasakan berasal dari oranglain.

Andrew Bremne, penulis studi dari University of London menemukan, bahwa sampai usia empat bulan, bayi mengira bahwa sensasi yang mereka rasakan saat disentuh berasal dari dalam tubuh mereka sendiri, dan tidak mengaitkan rasa tadi dengan orang lain. 

Andrew menambahkan, ketika orangtua menyilangkan tangan atau kedua kaki mereka, bayi biasanya salah mengira darimana asal gerakan dan rasa sentuhan yang mereka rasakan.

Dikutip dari situs Times of India, Kamis (22/10/2015), Andrew berpendapat, sebelum berusia enam bulan seorang bayi belum membedakan sentuhan yang datang dari luar dari luar. Sebelum usia itu, bayi mengira sentuhan itu datangnya dari dalam tubuh mereka sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini