Sukses

Menonton Serial Drama Pengaruhi Kecerdasan Emosi

Liputan6.com, New York- Studi yang diterbitkan dalam Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts menemukan fakta bila menonton drama televisi bisa meningkatkan kecerdasan emosional dan membuat seseorang lebih berempati.

Fakta ini ditemukan setelah peneliti meminta 100 orang menonton serial drama televisi (Mad Men atau The West Wing) atau film dokumenter (How the Universe Works or Shark Week: Jaws Strikes Back). Sesudahnya ia melakukan tes psikologi untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional.

Setelah dilakukan analisis, orang-orang yang menonton serial televisi memiliki hasil tes yang lebih baik dibandingkan yang menonton dokumenter. Para peneliti mengungkapkan, narasi fiksi yang ada dalam drama televisi memaksa penonton untuk mempertimbangkan masalah dari berbagai perspektif.

Lalu, saat menonton drama, emosi penonton terolah, sehingga rasa simpati pun tercipta seperti dikutip dari laman Health, Rabu (21/10/2015).

Meski ada dampak positif, kegiatan menonton merupakan aktivitas minim fisik karena hanya akan duduk . Lebih baik setiap 10 menit sekali berdiri atau lakukan stretching saat jeda iklan. Manfaat bagi emosional didapat, begitu juga fisik.